Kamis, 16 Mei 2024

Perry Warjiyo Disebut-sebut Calon Pengganti Gubernur BI

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Sri Mulyani Menteri Keuangan. Foto: Jose suarasurabaya.net

Perry Warjiyo Deputi Gubernur BI berpeluang besar untuk menggantikan Agus Martowardoyo Gubernur BI yang akan memasuki masa pensiun.

Joko Widodo Presiden dikabarkan sudah melakukan komunikasi cukup intensif dengan calon Gubernur BI lulusan UGM tersebut.

Namun pihak Istana masih enggan memberikan konfirmasi atas penunjukan Perry sebagai calon tunggal Gubernur BI.

“Kalau yang nenjadi ukurannya peluang, jumlahnya cukup banyak. Tapi siapa yang dikehendaki presiden, hanya Pak Jokowi yang tahu,” kata Johan Budi Juru bicara kepresidenan di Istana Negara, Rabu (28/2/2018).

Sri Mulyani Menteri Keuangan memberi sinyal calon tunggal Gubernur BI mengerucut pada nama Perry Warjiyo. Pria kelahiran Surakarta 1959 ini akan menggantikan Agus Martowardoyo.

“Hubungan antara BI dengan kementerian keuangan dengan OJK LPS selama ini cukup baik. Perry selalu ada di situ sebagai Deputi gubernur dan perannya cukup banyak karena itu situasi yang baik ini perlu dijaga kesinambungannya,” kata Menkeu.

Dalam mengelola ekonomi di saat menghadapi situasi yang makin dinamis, hubungan institusi antara BI, Kementrian Keuangan, OJK LPS sebagai KSSK harus semakin erat.

Perry Warjiyo sebagai calon tunggal pengganti Agus Martowardojo dianggap memiliki kemampuan dan rekam jejak yang baik dalam menangani sebuah kebijakan bank sentral.

Agus Martowardoyo Gubernur BI tidak mau berkomentar soal calon penggantinya. Dia menyarankan wartawan bertanya langsung ke Presiden atau Menteri Keuangan. (jos/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
31o
Kurs