Jumat, 26 April 2024

Rupiah Melemah, Pengusaha Ikan Cupang Ini Raih Untung Besar

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Nanda Panji pengusaha UMKM Budidaya Ikan Cupang di Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Melemahnya nilai tukar rupiah ternyata tak selalu berdampak buruk, setidaknya bagi Nanda Panji, pengusaha UMKM Budidaya Ikan Cupang di Surabaya ini.

Pasalnya, pengusaha yang juga mahasiswa Teknik Lingkungan di salah satu kampus di Surabaya ini telah berhasil menembus pasar ekspor. Ia telah berhasil mengekspor ikan-ikan beragam warna tersebut hingga ke Swedia, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Untuk satu ekor ikan cupang miliknya, ia bisa menjual dengan harga 25 USD hingga 50 USD di pasar Internasional. Sedangkan, di pasar lokal, ia menjual satu ekor ikan cupangnya dengan harga Rp50.000 hingga Rp350.000.

Ditanya komentarnya terkait pelemahan nilai tukar rupiah, sebagai eksportir ia mengaku senang. Pasalnya, transaksi ekspor dilakukan dengan mata uang Dollar yang otomatis menjadi lebih mahal jika di kurskan ke rupiah, terutama ketika nilai tukar rupiah sedang melemah.

“Tapi kalau saya sih, pengennya dollar tidak naik terus. Soalnya kalau dollar makin naik, kebutuhan naik, kita juga gak enak. Untung pribadi, tapi negaranya kasihan,” katanya menegaskan ketika ditanya tentang rupiah yang semakin melemah.

Ia bercerita, dirinya telah menggeluti usaha ikan cupang tersebut selama 1 tahun lebih di rumahnya di daerah Krukah Selatan, Surabaya. Ia juga mengaku, usahanya dulu sempat surut, namun didorong bangkit oleh teman-teman karang taruna Ngagel Rejo.

“Jadi karang taruna berjasa memberikan modal. Sehingga, tiap bulan ngasih ke karang taruna, pekerjanya juga dari karang taruna untuk mengantar ikan, membersihkan air, dan lain-lain,” katanya. (bas/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs