Rabu, 15 Mei 2024

Rupiah Rabu Pagi Melemah 6 Poin

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Ilustrasi.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (4/4/2018) pagi bergerak melemah sebesar enam poin menjadi Rp13.744 dibanding posisi sebelumnya Rp13.750 per dolar AS.

Reza Priyambada Analis Binaartha Sekuritas di Jakarta mengatakan, meningkatnya permintaan mata uang yang masuk dalam kategori safe haven menjadi salah satu faktor yang menahan nilai tukar rupiah untuk terapresiasi.

“Rupiah kembali mengalami pelemahan seiring meningkatnya permintaan pelaku pasar terhadap mata uang safe haven di tengah kekhawatiran pasar terhadap perang dagang antara Amerika Serikat-Tiongkok,” kata Reza seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa kekhawatiran itu muncul setelah Tiongkok mengumumkan daftar tarif impor sejumlah barang dari Amerika Serikat, yang kemudian Presiden AS Donald Trump memberikan sinyal balasan untuk memberikan kenaikan tarif impor teknologi.

Menurut dia, sentimen perang dagang masih akan menjadi salah satu isu yang membayangi pelaku pasar keuangan, baik domestik maupun eksternal.

“Diharapkan, sentimen mengenai fundamental ekonomi nasional yang baik dapat menjaga stabilitas nilai tukar rupiah,” katanya. (ant/ino/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
28o
Kurs