Kamis, 25 April 2024

Inovasi dan Teknologi Gojek Mudahkan Layanan Masyarakat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Acara plesiran Gojek di Makassar. Foto: Humas Gojek

Melalui kegiatan Plesiran Bersama Gojek di Makassar, Gojek buktikan ciptakan inovasi teknologi yang memudahkan masyarakat ketika berkunjung ke kota-kota di Indonesia.

Ekosistem Gojek yang terintegrasi memenuhi semua kebutuhan masyarakat secara menyeluruh. Inovasi dan pengembangan teknologi yang memfokuskan pada kebutuhan masyarakat itulah sehingga memunculkan ragam layanan yang ada saat ini.

Layanan tersebut mulai dari transportasi, kuliner, pembayaran dan juga gaya hidup. Saat ini Gojek telah memiliki 22 layanan yang terintegrasi yang memberikan dampak sosial baik kepada pengguna, pemberi layanan dan juga tatanan kehidupan masyarakat.

Michael Reza Say VP Corporate Affairs Gojek, menyampaikan bahwa evolusi Gojek menjadi sebuah ekosistem merupakan langkah strategis dalam menyediakan solusi kebutuhan masyarakat yang selama ini menjadi hambatan.

“Melalui pengembangan teknologi yang terintegrasi, banyak pihak ikut mengalami evolusi bersama Gojek termasuk layanannya. Dari bangun tidur untuk memulai aktivitas sampai mengakhiri hari masyarakat dapat mengandalkan layanan Gojek. Bisa dibilang, Gojek menjadi operating system bagi masyarakat Makassar,” terang Michael Reza Say.

Inovasi teknologi juga berlaku pada layanan pesan-antar makanan GoFood. Hal ini bersambut dengan kondisi di Makassar, yang mana pertumbuhan kuliner dan kebutuhan masyarakat akan makanan jadi semakin tinggi.

Teknologi GoFood sukses mempertemukan konsumen dengan ribuan restoran dan pengusaha kuliner UMKM. GoFood kini sudah berkembang lebih dari sekadar layanan pesan-antar makanan, tapi juga menjadi katalog kuliner terlengkap bagi konsumen dengan menawarkan hingga 12juta pilihan menu dari 400.000 mitra merchant GoFood di Asia Tenggara.

Gojek memberikan superior user experience kepada konsumen. Tidak hanya memberikan program diskon, melalui teknologi Machine Learning, tetapi juga menerapkan berbagai personalized user experience untuk meningkatkan kenyamanan dan kecepatan layanan GoFood kepada pelanggan.

Satu diantara contohnya, tiap pelanggan bisa mendapatkan pilihan makanan yang berbeda-beda di platform GoFood sesuai dengan kesukaan dan historis pemesanannya. Tidak hanya membantu masyarakat lokal dengan layanannya, wisatawan juga andalkan layanan GoFood sebagai katalog merchant terlengkap untuk mengetahui kuliner khas di suatu daerah.

Trinity Traveler Travel Writer Naked Traveler, mengatakan bahwa tiap berkunjung ke suatu wilayah dirinya ingin merasakan kedekatan dengan tempatnya berada, baik budaya, adat istiadat bahkan sampai dengan sajian lokalnya.

“Selain melalui rekomendasi masyarakat lokal, saya membuka layanan GoFood di aplikasi Gojek. Dalam aplikasi tersebut saya dapat melihat banyak pilihan kuliner lezat lokal yang ditampilkan,” kata Trinity.

Selain membantu Trinity dalam mendapatkan rekomendasi kuliner lokal yang diinginkan, Trinity mengaku terbantu dengan informasi penilaian dan juga lokasi kuliner itu berada. “Kadang saya juga ingin menikmati makanan dan merasakan suasananya secara langsung,” tegas Trinity.

Inovasi Gojek tidak hanya dirasakan pelanggan tetapi juga mitra merchant. Gojek membantu merchant dengan memberikan akses kepada pasar yang luas melalui aplikasi Gojek untuk menumbuhkan bisnisnya.

Yang menarik dari aplikasi ini, merchant bisa secara mandiri mengatur dan menawarkan promo khusus untuk restoran mereka sendiri. Teknologi ini juga telah terbukti meningkatkan pendapatan rata-rata merchant hingga 3.5 kali. Saat ini, 96% mitra merchant yang tergabung dengan GoFood adalah pelaku kuliner yang memulai usahanya dari bisnis kecil dan rumahan.

Anandita Danaatmadja VP Regional Gojek Indonesia Bagian Timur, menyampaikan bahwa potensi pertumbuhan ini akan terus dimanfaatkan GoFood untuk terus menghadirkan layanan yang bisa menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Di saat yang bersamaan, kami akan terus memperkuat ekosistem teknologi agar bisa mengajak lebih banyak mitra merchant untuk tumbuh bersama GoFood,” papar Anandita.

Sementara itu, selain terus mengembangkan teknologi dan inovasi, operasionalisasi Gojek telah memberikan dampak positif bagi perekonomian Makassar melalui UMKM dan pariwisata lokal.

Hal ini didukung oleh hasil riset independen Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), memaparkan bahwa kontribusi mitra Gojek kepada perekonomian Makassar di tahun 2018 mencapai Rp 1,7 triliun.

Kontribusi berasal dari selisih pendapatan mitra dari sebelum hingga setelah mereka bergabung di Gojek. Khusus Mitra UMKM GoFood kontribusinya Rp 808 milliar.

Dampak positif dari fitur teknologi GoFood juga langsung terlihat pada performa bisnis mitra UMKM/ 93% responden UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen merchant GoFood serta 72% responden UMKM mengalami kenaikan klasifikasi omzet setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen merchant GoFood.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs