Sabtu, 27 April 2024

Kolaborasi, Cara Merebut Peluang Parwisata di Pasar Global

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pementasan Eksotika Bromo dilautan pasir Gunung Bromo . Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Pasar pariwisata saat ini berkembang menjadi bagian dari pasar global yang menjanjikan sehingga para pelaku dan operator pariwisata diharapkan tidak melihat itu sebagai sekedar persaingan semata.

Sinarto S.Kar., M.M., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jawa Timur menyampaikan bahwa cobalah sesekali tidak melihat persaingan semata jika membahas pasar global.

“Pasar global itu kan tidak selalu harus dimaknai persaingan. Tetapi bisa jadi dipahami sebagai upaya mengkolaborasikan. Artinya tidak melulu bersaing, tetapi pasar global bisa direbut dengan bersanding,” terang Sinarto.

Bersanding, lanjut Sinarto dimaknai sebagai sebuah upaya bersama untuk memberikan layanan terbaik dalam konteks pariwisata. Mulai dari keperluan pelaku wisatanya hingga kebutuhan operator wisata.

Dengan bersama-sama melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan sebuah destinasi wisata misalnya, menurut Sinarto hal itu akan memberikan peluang bagi peningkatan atau meningkatnya pasar pariwisata itu sendiri.

“Ini adalah tugas kita bersama untuk merebut pasar global itu. Bersama-sama dalam melaksanakan sebuah strategi dibidang pariwisata tidak hanya memberikan keuntungan bagi operator dan pelaku bisnisnya, tetapi sekaligus memberikan peluang untuk meraih pasar global itu,” tegas Sinarto.

Sinarto mencontohkan bersandingnya potensi wisata di Jawa Timur dengan Bali atau Yogjakarta bukan sekedar angan-angan dan bisa diwujudkan sebagai bagian untuk memperluas pasar yang ada. “Itu bisa diupayakan,” kata Sinarto.

Sedangkan untuk menggapai sasaran pasar sesuai dengan perkembangan masyarakat saat ini, Sinarto menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya untuk menggandeng milenial dalam kaitannya dengan promosi wisata.

“Saat ini adalah duniannya anak-anak milenial. Kami akan gandeng mereka untuk lebih memperluas potensi sekaligus mempromosikan pariwisata. Mungkin memang tidak perlu lagi membuat poster-poster untuk menarik perhatian tetapi melalui media sosial,” pungkas Sinarto, Selasa (22/1/2019).

Selasa (22/1/2019) Sinarto S.Kar., M.M, Kadisparta Jawa Timur meluncurkan agenda pariwisata Jawa Timur 2019 di aula kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs