Jumat, 29 Maret 2024

Menteri ESDM Targetkan Investasi 5 Miliar Dolar dari UEA

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ignasius Jonan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Foto: Antara

Ignasius Jonan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan perkiraan investasi sebesar 5 miliar dolar AS dari potensi kerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA).

Potensi kerja sama tersebut didapat usai Jonan Menteri dan Suhail Mohamed Faraj Al Mazrouei Menteri Energi dan Industri UEA melakukan pertemuan di Kementerian ESDM, Jakarta berdasarkan informasi yang dihimpun Antara di Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

“Sesuai arahan Presiden menginginkan investasi dari Uni Emirates Arab khususnya dan Timur Tengah, adanya investasi yang besar tidak hanya dari sektor migas saja, tapi sektor yang lain. Kira-kira targetnya total mencapai di atas 5 miliar dolar AS. Ini sedang dibicarakan,” kata Jonan dilansir Antara.

Menurut Jonan, UEA juga berminat untuk menjajaki kerja sama di sektor lain. Adapun sektor yang disasar selain energi, antara lain infrastruktur, keuangan hingga pariwisata. Langkah ini diklaim dapat membantu upaya pemerintah dalam membuka lapangan pekerjaan di Indonesia.

“Kerja samanya kita coba tingkatkan. Tidak harus di bidang migas dan pertambangan. Misalnya infrastruktur, sektor keuangan, pariwisata atau pembiayaan UKM,” jelasnya.

Respon senada juga ditunjukkan Pemerintah UEA yang menunjukkan keseriusannya berinvestasi di Indonesia. “Kami tidak melihat untuk investasi yang kecil di sini, kami kumpulkan investasi bersama dikombinasikan dalam sebuah rencana aksi nilainya hingga multi billion dollar untuk investasi UEA ke Indonesia,” tutur Menteri Suhail.

Pemerintah UEA, ungkap Menteri Suhail, mengungkapkan Indonesia punya potensi perekonomian luar biasa. “Indonesia masuk sebagai 16 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Bahkan berpotensi menjadi 10 besar dunia,” ungkap Menteri Suhail.

Salah satu potensi kerja sama yang bisa digarap adalah di sektor hulu minyak dan gas (migas). Terutama dengan Pertamina dalam rangka meningkatkan produksi migas Indonesia.

“Persatuan Emirat Arab berharap berdiskusi dengan Pertamina tentang peningkatan investasi dan mengembangkan lebih banyak lapangan migas demi meningkatkan produksi migas,” ujar Menteri Suhail.

Selain itu, UEA juga menunjukkan ketertarikan menjalankan bisnis di sektor Energi Baru Terbarukan (EBT). Apalagi Uni Emirat Arab memiliki perusahaan yang bergerak di industri EBT, yaitu Masdar.

“Kami memiliki perusahaan bernama Masdar, yang telah berinvestasi di banyak negara, mereka adalah pemimpin dan mempunyai kemampuan untuk menekan biaya energi terbarukan,” katanya.(ant/tin/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs