Jumat, 17 Mei 2024

MoU Kilang Minyak Tuban Tertunda, Banyak Lahan Warga Belum Ditaksir

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Joko Widodo Presiden beserta rombongan meninjau Kilang Minyak TPPI di Tuban, Jawa Timur, pada tahun 2015. Foto: Biro Pers Setpres

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Pemprov Jatim dengan PT Pertamina soal pembangunan kilang minyak baru, grass root refinery (GRR) Pertamina-Rosneft di Tuban, tertunda.

Setiajit Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur mengatakan, penandatangan MoU dengan Pertamina seharusnya dilakukan pekan lalu. Pemprov Jatim merasa perlu adanya perubahan kesepahaman.

Perlu diketahui, kilang minyak berkapasitas 300 ribu barel minyak per hari kerja sama PT Pertamina dengan Rosneft (Rusia) dengan nilai investasi Rp230 triliun itu butuh lahan seluas hampir 1.000 hektare.

Kebutuhan lahan kilang minyak ini mencapai 936 hektare. Rinciannya, sudah ada 348 hektare milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), 109 hektar milik Perhutani, 314 hektar milik warga, dan 165 hektare reklamasi.

Setiajit menjelaskan, Pertamina sudah menuntaskan lahan milik KLHK. Lahan milik Perhutani, dalam waktu dekat juga segera ditukar guling dengan nilai dua kali lipat. Yang belum tuntas adalah lahan milik warga.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, kata Setiajit, minta Pertamina dan BPN segera melakukan penaksiran (appraisal) lahan warga terdampak, dan segera membayar warga yang sudah sepakat.

Sampai sekarang, kata Setiajit, Pertamina memang belum menuntaskan penaksiran lahan milik warga. Karena itu belum satu pun lahan warga terdampak di Kecamatan Jenu yang sudah dibayar Pertamina.

“Kami sepakat melakukan sejumlah perubahan MoU. Bu Gubernur minta penandatanganan ini digelar di lapangan. Disaksikan seluruh warga, baik yang pro maupun yang masih kontra,” kata Setiajit, Senin (23/9/2019).

Setiajit mengakui, masih ada masyarakat yang kontra dengan rencana pembangunan kilang minyak baru ini. Kata dia, masyarakat khawatir kalau lahan mereka dibeli Pertamina mereka tidak bisa bekerja.

Selama ini warga di sana memang hidup dari pertanian. Setiajit tegaskan, Pemprov tidak mungkin tidak memikirkan ini. Pertamina pun, kata dia, sepakat untuk turut mengembangkan dan meningkatkan skill masyarakat terdampak.

“Pertamina sudah menyatakan kesanggupan memberi pelatihan dan permodalan bagi warga yang lahannya terdampak,” ujar Setiajit.

Pengerjaan tahap pertama kilang minyak baru di Tuban ini akan menyerap 20 ribu orang pekerja. Pemprov Jatim berjanji, warga Tuban akan dilibatkan. Juga ketika kilang minyak sudah beroperasi, tenaga kerja Tuban akan banyak terserap.

Kalau tahun ini pengadaan lahannya beres, tahun depan tahap pengurukan lahan dan reklamasi akan dikerjakan. Proyek kilang minyak Tuban ini ditargetkan sudah bisa beroperasi pada 2024 mendatang.

“Proyek ini akan meningkatkan ekonomi di Tuban. 300 ribu barel minyak per hari itu tidak sedikit, maka uang itu akan beredar banyak di sini. Selain itu juga akan ada 16 industri turunan refinery ini. Belum lagi penyokong makan, minum dan seterusnya, sektor lain akan tumbuh,” kata Setiajit.(den/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
33o
Kurs