Jumat, 29 Maret 2024

Penyebab Warna Pucat di Daging dan Telur Ayam

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Antara

Pernahkah Anda memerhatikan warna daging dan telur ayam saat membelinya di pasar? Komposisi pakan yang diberikan pada ternak ayam ternyata sangat berpengaruh pada warna dan kualitas daging juga telur ayam.

Itu sebabnya kalangan pengusaha makanan ternak tak banyak menggunakan gandum dalam campuran pakan ayam sebagai pengganti jagung. Karena peternak pun tak mau kualitas hasil ternaknya menurun.

Campuran gandum yang berlebih akan membuat warna daging dan telur ayam pucat. Berbeda dengan pakan jagung yang akan menghasilkan daging merah segar serta warna kuning telur yang cerah.

“Kalau pakai gandum itu warnanya pucat dan perlu ada tambahan zat lagi. Nah, kalau jagung itu nggak perlu tambahan,” kata SudirmanDewan Pembina Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) dilansir Antara.

Hal ini berbeda dengan analisa salah seorang komisioner Ombudsman awal Februari 2019, yang menyebutkan terjadi politik pengalihan impor (dari jagung) kepada komoditas yang tidak terlalu sensitif (gandum).

Menyusul capaian Pemerintah yang disampaikan Jokowi Presiden dalam Debat Capres kedua Ahad 17 Februari 2019, bahwa Indonesia berhasil mengendalikan angka impor jagung. (ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs