Kamis, 28 Maret 2024

Sarinah Akan Jadi Pusat UMKM Seluruh Indonesia

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Erick Thohir Menteri BUMN. Foto: Antara

Erick Thohir Menteri BUMN akan menjadikan Sarinah sebagai pusat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM dan berencana meluncurkannya pada HUT Kemerdekaan RI ke-75 yang jatuh pada 17 Agustus 2020.

“Nanti Sarinah itu akan kita jadikan pusat daripada UMKM ini,” ujar Erick Thohir di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Menteri BUMN itu juga menambahkan bahwa kalau nanti di dalam negerinya sudah baik, bukan tidak mungkin Sarinah juga akan membuka outlet di bandara-bandara yang memang menjadi pusat tujuan wisata. Outlet-outlet Sarinah di bandara yang menjadi destinasi wisata tersebut, antara lain bandara di Bali, dan Labuan Bajo.

“Ini saya rasa bisa berjalan, InsyaAllah nanti pertengahan tahun depan kita akan luncurkan pada saat HUT Kemerdekaan Indonesia ke-75. Itu menjadi simbolik yang lain juga,” kata Erick dilansir Antara.

Sebelumnya PT Sarinah yang merupakan pusat perbelanjaan pelat merah diarahkan untuk menjadi ruang pameran atau etalase produk UMKM lokal sehingga diperlukan sinergi yang lebih kuat mendorong dan mewujudkannya.

Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM mengatakan bahwa pembahasan dengan Menteri BUMN terfokus salah satunya terkait strategi menjadikan Sarinah nantinya menjadi ruang pameran bagi semua produk lokal Indonesia atau brand lokal.

Pihaknya menyatakan saat ini memiliki prioritas khusus untuk mempromosikan produk-produk UMKM. Sarinah, kata Teten, akan dijadikan sebuah center produk-produk UMKM.

Sementara Smesco Indonesia nantinya akan menjadi center of excellence-nya UMKM di mana saat ini konsep terkait hal itu masih dipersiapkan.

Menurut Teten, untuk Sarinah saat ini diperlukan perubahan orientasi bisnis termasuk dari sisi perbaikan gedungnya.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs