Jumat, 19 April 2024

Menteri BUMN: LinkAja Akan Diluncurkan Pada Maret 2019

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Rini Soemarno Menteri BUMN. Foto: Antara

Rini Soemarno Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan, bahwa pihaknya sebentar lagi akan meluncurkan layanan pembayaran elektronik “LinkAja”.

“Sebentar lagi kita akan meluncurkan LinkAja, kita harapkan pada permulaan Maret ini kita akan meluncurkannya,” ujar Rini Menteri kepada wartawan di Jakarta, dilansir Antara Rabu (20/2/2019).

Tujuan pembentukan platform sistem pembayaran “LinkAja” tersebut untuk mempermudah transaksi pembayaran dalam satu wadah.

“Kenapa kita punya sistem pembayaran ini berbeda-beda antara bank, telekomunikasi. Kenapa tidak kita jadikan satu agar menjadi lebih efisien dan bisa menjangkau masyarakat di seluruh pelosok Indonesia,” tutur Rini Menteri di sela-sela peluncuran Menara Astra.

Menteri BUMN tersebut juga menambahkan bahwa metode sistem pembayaran LinkAja akan menggunakan sistem kode respons cepat atau quick respons (QR Code).

“Jadi kita berharap LinkAja akan bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia,” ujar Rini.

“LinkAja” merupakan penggabungan beberapa layanan pembayaran elektronik dari beberapa BUMN ke dalam satu platform sistem layanan pembayaran elektronik.

Beberapa BUMN yang tergabung dalam LinkAja, di antaranya Telekomunikasi Indonesia, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) mengatakan kode respons cepat (QR Code)) dalam sistem pembayaran akan dapat digunakan lintas layanan dan terkoneksi dari berbagai perusahaan penyelenggara.

Dengan demikian, sistem pembayaran menjadi lebih efisien. Pelaku usaha (merchant) yang bekerja sama dengan perbankan, tidak perlu menyediakan banyak kode QR dan nasabah tidak perlu memiliki kode QR dari berbagai bank, ataupun uang elektronik di gawainya, guna melakukan transaksipembayaran. (ant/wil/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs