Jumat, 29 Maret 2024

75 Persen Realisasi Rumah Bersubsidi adalah Milenial

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Seorang pengunjung mengamati sebuah miniatur rumah saat pameran perumahan Real Estate Indonesia (REI). Foto: Antara

Bank BTN memaparkan, segmen generasi milenial dengan usia di bawah 35 tahun mendominasi realisasi penyaluran rumah bersubsidi.

Alex Sofjan Noor Sharia Business Division Head Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN menyatakan itu dalam seminar daring di Jakarta, dikutip Antara, Jumat (28/8/2020).

“Kalau kami lihat, kami sudah salurkan rumah bersubsidi ini, sejak 2012 sampai sekarang, 120 ribu unit. Yang mengagetkan saya ternyata sebagian besar didominasi segmen millenial berusia di bawah 35 tahun,” ujarnya.

Menurut Alex, pada periode 2012 sampai Juni 2020, 75 persen dari total realisasi UUS BTN berasal dari generasi millenial, yakni sebesar 92.747 unit.

“Kalau saya melihat segmen portofolio milenial di sini adalah 75 persen daripada total portofolio kita,” katanya.

Dengan demikian ini menjadi suatu harapan besar bagaimana mengubah pola pikir daripada generasi milenial yang cenderung lebih mengutamakan gaya hidup.

Selain itu, Alex menambahkan, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, di mana Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami penurunan signifikan, penyaluran FLPP tumbuh sekitar tujuh persen.

Bahkan untuk penyaluran KPR rumah non-subsidi tumbuh 12 persen di masa COVID-19 saat ini.

“Dengan demikian, sektor perumahan cukup kuat dalam market, di mana rumah dianggap sebuah kebutuhan pokok oleh masyarakat, khususnya generasi milenial,” katanya.

Dalam paparannya, Alex menyampaikan bahwa generasi milenial memiliki preferensi tersendiri dalam berbagai hal termasuk dalam memiliki tempat tinggal.

Generasi milenial, menurutnya, ingin lokasi rumah yang dekat dengan kantor, cenderung menyukai kawasan yang menjanjikan sebagai investasi properti, dan angsuran kredit fleksibel.

Selain itu, generasi milenial juga menginginkan KPR dengan tenor yang panjang dan proses pembiayaan yang cepat dan ringkas saat ingin memiliki rumah atau hunian pribadi.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs