Sabtu, 21 Mei 2022

BPS Nilai Banjir Jangka Pendek Tidak Memberikan Dampak Besar

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Kondisi genangan air ketika banjir merendam jalan Tol Cikampek di sekitar Jati Bening, Bekasi, Rabu (01/01/2020). Foto: Antara

Suhariyanto Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan, banjir yang melanda kawasan Jadetabek sejak 1 Januari 2020 tidak memberikan dampak yang besar apabila cepat surut dan tidak mengganggu kelancaran distribusi.

“Kalau berkelanjutan dan tidak berpengaruh ke pasokan distribusi maka dampaknya tidak terlalu besar,” ujar Suhariyanto, dilansir Antara, Kamis (2/1/2020).

Menurut dia, banjir yang berlarut-larut harus diwaspadai karena dapat menyebabkan gangguan stabilitas harga kebutuhan pokok dan mempengaruhi laju inflasi nasional pada Januari.

Oleh karena itu, Suhariyanto mengharapkan banjir tidak terus berlanjut dan cepat surut agar konektivitas tidak terhambat dan pasokan barang maupun jasa di wilayah Jadetabek kembali normal.

Sebelumnya, BPS mencatat inflasi pada Desember 2019 sebesar 0,34 persen karena kenaikan harga bahan makanan akibat tingginya permintaan menjelang akhir tahun.

Komoditas yang mengalami kenaikan harga dalam periode ini antara lain beras, telur ayam ras, bawang merah, ikan segar, bayam, kacang panjang, tomat sayur, jeruk, tomat buah, minyak goreng dan rokok kretek.

Dengan pencapaian ini, maka inflasi nasional 2019 tercatat sebesar 2,72 persen atau yang terendah dalam dua dekade terakhir, karena ketatnya pengendalian harga diatur pemerintah (administered prices). (ant/ang)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 21 Mei 2022
25o
Kurs