Selasa, 23 April 2024

Kuliner Khas Daerah Bisa Perkuat Pariwisata Indonesia

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi rendang. Foto: Shutterstock

Memajukan pariwisata Indonesia di pasar global bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memperkuat kuliner khas daerah. Ini kata Elly Hutabarat Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo).

Elly mengatakan kuliner Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk memajukan sektor pariwisata. Thailand, contohnya. Pariwisatanya bertumbuh pesat, salah satunya berkat thai food.

“Satu hal yang kita harus kuatkan itu kuliner, Thailand itu 20 tahun lalu, mana ada yang tahu Thai food. Karena pemerintahnya membantu untuk membangun restoran di Amerika, standarnya mereka perhatikan, kebersihannya, makanannya, tingkat keterangan ruangannya,” ujar Elly, dilansir Antara.

“Coba restoran Indonesia di Washington, tutup karena dekorasinya enggak menarik. Dari dulu interiornya pakai kipas, atau peta Indonesia dari batik. Misalnya yang khas apa rendang, dibikin menarik penyajiannya. Ini akan jadi devisa terbesar juga tapi tergantung dari kita mengelolanya,” lanjut Elly.

Elly pun berkeyakinan, kalau nantinya industri pariwisata di Indonesia bisa disalip oleh Vietnam. Sebab mereka sudah mulai menguatkan sektor kulinernya.

“Yang harus diwaspadai sekarang adalah Vietnam, mereka melalui kulinernya sangat maju. Di Singapura saja ada berapa puluh restoran Vietnam, di Amerika di tiap sudut ada. Kuliner itu bisa jadi duta yang luar biasa untuk memperkenalkan kita,” jelas Elly. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs