Senin, 29 April 2024

Virus Corona, Mendag Ingatkan Importir Agar Selektif

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Agus Suparmanto Menteri Perdagangan RI saat ditemui awak media usai sidak di pasar tradisional Wonokromo, Surabaya. Foto: totok suarasurabaya.net

Agus Suparmanto Menteri Perdagangan RI, Jumat (31/1/2020) mengingatkan pada para importir agar tetap berhati-hati dan selektif. Pernyataan Ini menanggapi wabah virus Corona yang terjadi di Wuhan, China.

“Terkait virus Corona di Wuhan itu, tentunya kami mengingatkan dan menghimbau importir agar berhati-hati dan tetap selektif terutama yang berhubungan dengan produsen dari China. Importir tetap harus selektif,” terang Agus Suparmanto.

Lebih lanjut, Agus menekankan utamanya pada importir makanan dan minuman untuk selalu berhati-hati dan selektif memantau produk yang diimpor tersebut.

“Terutama memang pada importir produk makanan dan ninuman, harus lebih berhati-hati dan lebih selektif lagi. Ini perlu ditegaskan karena memang tidak sedikit importir kita yang bergerak dibidang makanan dan minuman,” tambah Agus.

Ditanya, apakah ada upaya menghentikan sementara impor produk dari China, terkait dengan wabah virua coroa itu, Agus menegaskan bahwa hal itu tidak bisa sembarangan dilakukan.

“Tentunya tidak boleh dilakukan penghentian atau pembatasan impor secara sembarangan. Mengingat para importir tentunya sudah melakukan transaksi perdagangan sebelumnya. Tentu ini akan merugikan,” kata Agus.

Oleh karena itu, lanjut Agus, pihaknya akan berupaya untuk mencarikan solusi terbaik agar tidak merugikan bagi kedua belah pihak, produsen maupun importir.

Berdasarkan catatan yang ada, terkait dengan wabah virus Corona di Wuhan, China, Agus mengingatkan bahwa sampai hari ini perdagangan khususnya ekspor tetap masih berjalan seperti biasa.

“Penurunan ekspor pasti ada. Tetapi jumlahnya tidak besar, dan aktivitas perdagangan khususnya ekspor ke China masih tetap berjalan seperti biasa,” pungkas Agus tanpa menyebut angka atau nilai penurunan ekspor dimaksud.

Jumat (31/1/2020), Agus Suparmanto Menteri Perdagangan RI hadir melakukan sidak dan operasi pasar di Pasar Tradisional Wonokromo, didampingi Emil Elistianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur.(tok/ang/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs