Jumat, 19 April 2024

Cerita UMKM Prakardus, Tetap Asah Kreativitas di Tengah Pandemi

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: prakardus.com

Pandemi Covid-19 berdampak pada aktivitas perekonomian dan menimbulkan perlambatan. Namun demikian, sebagian pelaku UMKM tidak menyerah, terus berjuang dan berimprovisasi dengan mengeluarkan terobosan baru.

Di sisi lain, pemerintah juga berusaha mengantisipasi hal-hal dengan meluncurkan berbagai program dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Namun, bantuan saja tidak cukup, perlu kreativitas dan terobosan dari pelaku UMKM.

Sebagai seorang kepala keluarga yang terdapak Covid-19, Muhammad Luqman Baehaqi, pendiri UMKM Prakardus, bercerita bagaimana masa pandemi dan anjuran #DiRumahAja membuat usaha kecilnya bertumbuh.

Bahkan penghasilannya bisa meningkat hingga 700 persen alias tujuh kali lipat. Hal ini diceritakan Luqman dalam Dialog Produktif yang mengangkat tema ‘Pandemi Tak Halangi Kreasi’. Dialog ini diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pada Jumat (11/12/2020) bertempat di Media Center KPCPEN, dikutip dari situs covid19.go.id.

Dikisahkan Luqman, ada langkah 4C yang dilakukannya dalam berkreasi dan melakukan terobosan usahanya, community, contemplate, cleanliness, dan care.

“Empat hal ini bisa saya dapatkan di masa pandemi dan menjadi berkah yang luar biasa. Awalnya berkreasi dengan kardus ini sebagai solusi untuk memberi kegiatan sekaligus hiburan pada anak karena rumahnya jauh dari pusat hiburan seperti mall. Kemudian berlanjut memberi workshop tiap akhir minggu namun harus berhenti karena pandemi,” terangnya.

Ketika tidak lagi memberikan workshop dan masa-masa #DiRumahAja, Luqman memutuskan untuk belajar.

“Saya mempelajari banyak hal dan bahkan belajar membuat website untuk PRAKARDUS. Yang awalnya adalah PRAKARDUS dalam format workshop berubah menjadi shop dimana lewat website ini saya berjualan hasil prakarya dari kardus,” ujarnya.

Luqman pun tidak mengira bahwa pendapatan di masa pandemi ini bisa meningkat hingga tujuh kali lipat.

“Dulu kan hanya setiap weekend saja. Sekarang jadi bisa setiap hari ada pendapatan dari penjualan lewat website,” ungkapnya.

Kerja keras dan kreativitas Luqman pun membuahkan hasil yang memuaskan. Masa pandemi seolah menjadi berkah bagi Luqman. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs