Minggu, 3 Maret 2024

Harga Cabai di Jatim Cenderung Turun

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi cabai. Foto: Antara

Harga cabai rawit, cabai merah besar, dan cabai merah keriting di sejumlah pasar Jatim fluktuatif dan cenderung turun. Kondisi ini terpantau saat memasuki minggu kedua bulan Juni 2020 atau pasca Hari Raya Idul Fitri.

Berdasarkan data Siskaperbapo Disperindag Jawa Timur, harga cabai rata-rata untuk cabai rawit Rp 15.500/kg. Sementara harga cabai merah besar keriting rata-rata Rp 16.500/kg dan cabai merah besar biasa Rp 15.500/kg.

Suyono Ketua Paguyupan Petani Cabe Indonesia Jawa Timur mengatakan, menjelang akhir musim penghujan tanaman cabai cukup bagus mengakibatkan harga cabai cenderung turun, baik pada cabai merah besar maupun cabai rawit merah dan cabai keriting.

“Sementara persediaan cabai di pasar maupun di beberapa daerah sentra dan distributor cabai di Jawa Timur masih cukup banyak bahkan berlebih. Sedangkan untuk harga cabai merah keriting dan cabai merah biasa di sentra Pare Kediri, cenderung turun karena pasokan dari petani cukup banyak. Dikarenakan hasil panen yang melimpah,” kata Suyono, berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net, Senin (8/6/2020).

Menurut data, harga cabai di tingkat distributor di sentra cabai Kepung Pare dan Plosoklaten Kediri dan sekitarnya pada Senin (08/06/2020) fluktuatif stabil turun dengan harga, untuk cabai besar varitas gada saat ini Rp 10.500/kg dan cabai merah besar varitas imola Rp 9.000/kg serta cabai merah besar keriting rata-rata Rp 7.000/kg.

Sedangkan harga cabai rawit merah kecil varitas pusaka brengolo rata-rata Rp 9.500/kg, cabai rawit varitas camelia Rp 10.000/kg, cabai rawit varitas ori dijual dengan harga Rp 11.000/kg dan cabai rawit varitas kencana Rp 10.000/kg serta cabai rawit varitas menu atau stroberi Rp 9.500/kg

Harga cabai baik dipasar grosir dan Pasar Surabaya sekitarnya, fluktuatif cenderung stabil. Diharapkan harga cabai terus stabil meskipun pada menjelang akhir musim hujan.

“Turunnya harga cabai karena saat ini memasuki panen raya di sentra-sentra cabai, sehingga stoknya berlebihan” pungkas Suyono. (ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
31o
Kurs