Sabtu, 20 April 2024

Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat Jelang Libur Panjang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, Kurs Rupiah menguat. Grafis: suarasurabaya.net

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada pada Selasa (27/10/2020) sore ditutup menguat menjelang libur panjang akhir pekan ini.

Rupiah pada Selasa sore ditutup menguat 25 poin atau 0,17 persen ke posisi Rp14.625 per dolar AS dibandingkan hari sebelumnya Rp14.650 per dolar AS.

“Dari eksternal, penguatan rupiah seiring adanya kekhawatiran atas potensi dampak ekonomi dari kasus Covid-19 yang terus meningkat,” kata Ibrahim Assuaibi Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, dilansir Antara.

Sementara itu di Amerika Serikat, Rusia, dan Prancis mencatat rekor jumlah kasus Covid-19 harian, dengan langkah-langkah pembatasan diberlakukan kembali di beberapa negara Eropa. Kekhawatiran atas potensi dampak ekonomi dari langkah-langkah tersebut mengurangi sentimen dan mendorong investor berpindah ke emas.

“Dari domestik, pasar masih optimis pandemi Covid-19 akan terselesaikan, apalagi vaksin untuk pencegahan sebentar lagi didistribusikan,” kata Ibrahim.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah di posisi Rp14.669 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.625 per dolar AS hingga Rp14.669 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Selasa menunjukkan rupiah menguat menjadi Rp14.690 per dolar AS dibandingkan hari sebelumnya di posisi Rp14.697 per dolar AS. (ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs