Rabu, 24 April 2024

Pelatihan Daring Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas di Tengah Pandemi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Listiani Dewi, Manager Procurement HCML. Foto: Istimewa

Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) kembali menggelar Vendor Day secara daring, 25-26 Agustus 2020. Kali ini “Vendor Day” diperuntukkan bagi para mitra kerja di wilayah operasi HCML, Jawa Timur.

Kegiatan “Vendor Day” ini merupakan program rutin yang diadakan setiap tahun sebagai komitmen HCML untuk melakukan pembinaan dan pengembangan kompetensi mitra kerja. Pandemi Covid-19 tidak menghentikan langkah HCML untuk terus melakukan inovasi, salah satunya dengan melaksanakan “Vendor Day” secara online.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari diikuti 148 peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti acara. Diharapkan seluruh peserta mendapatkan informasi terbaru terkait ketentuan yang berlaku pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas di Indonesia dan di HCML pada khususnya.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan sosialisasi kepada penyedia barang/jasa mengenai tata cara terbaru pelaksanaan tender dan aktivitas terkait pengadaan, dimana pada masa pandemi Covid-19 ini dilakukan secara online,” kata Listiani Dewi, Manager Procurement HCML dalam keterangan yang diterima suarasurabaya. net, Rabu (26/8/2020).

Selain tentang pengadaan, yang juga menjadi agenda pemaparan pada hari pertama adalah terkait Sistem CIVD (Centralized Integrated Vendor Database) dan e-CHSEMS (Contractor Health, Safety and Environment Management System) yang merupakan sistem baru untuk penilaian K3LL (Keselamatan, Keselamatan Kerja dan Lindungan Lingkungan).

“Kami ingin vendor lokal lebih banyak berpartisipasi dalam proses pengadaan karena itu materi-materi yang disampaikan cukup padat,” kata Tara Indira, Sr. Head of Planning & Bidding HCML.

HCML merupakan salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Kementerian ESDM yang mengerjakan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas di selat Madura. HCML selama ini fokus menjaga kapasitas produksi agar bisa memasok kepentingan industri dan pupuk di Jawa Timur.

HCML memproduksi gas dan minyak kondensat di perairan Madura sejak tahun 2017 dengan mengelola 4 (empat) blok yang menjadi salah satu tulang punggung pemenuhan gas di Jawa Timur. Jawa Timur memiliki nilai penting dan strategis, karena menjadi lumbung minyak dan gas Nasional, dengan pasokan sekitar tiga puluh persen (30%) dari 800.000 Barrel of Day (BoD) produksi minyak nasional dan sepuluh sampai dua belas persen (10-12%) dari total pasokan gas di Indonesia.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs