Jumat, 19 April 2024

Rupiah Berpeluang Menguat Namun Diprediksi Tertahan Potensi Resesi

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Ilustrasi, uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa berpeluang menguat namun diprediksi tertahan oleh sentimen adanya potensi resesi baik global maupun domestik.

Rupiah dibuka menguat 23 poin atau 0,15 persen menjadi Rp14.540 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.563 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa, mengatakan, pagi ini nilai tukar regional terlihat masih mencoba untuk menguat terhadap dolar AS.

“Kemungkinan karena pasar masih menanggapi positif kebijakan pelonggaran moneter Bank Sentral AS The Fed yang lebih lama dan mungkin lebih agresif,” ujar Ariston.

Hal itu dikonfirmasi oleh Wakil Gubernur The Fed Richard Clarida semalam dalam suatu acara virtual yang diselenggarakan Oleh the Peterson Institue for International Economics.

Menurut Ariston, kebijakan pelonggaran moneter AS yang agresif bisa menekan dolar AS sekaligus memberikan sentimen positif ke aset berisiko.

“Tapi di sisi lain, potensi resesi dan penularan COVID-19 yang terus meningkat, bisa menahan penguatan tersebut,” kata Ariston.

Ariston memperkirakan hari ini rupiah berpotensi menguat di kisaran Rp14.450 per dolar AS hingga Rp14.650 per dolar AS.

Pada Senin (31/8) lalu, rupiah ditutup menguat 69 poin atau 0,47 persen menjadi Rp14.563 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.632 per dolar AS. (ant/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs