Jumat, 19 April 2024

Satu Galon Aqua Ternyata Diisi Ulang Sampai 42 Kali

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tangkapan layar kunjungan ke pabrik Aqua di Ciherang, Jawa Barat secara virtual lewat aplikasi Zoom, Selasa (18/8/2020). Foto : Denza suarasurabaya.net

Danone-Aqua perusahaan air mineral dalam kemasan menggunakan setiap galon kemasan air sampai 42 kali pengisian ulang. Danone-Aqua mengklaim, penerapan ini sudah melewati penelitian panjang dan pemrosesan higienis.

Azwar Satrya Muhammad Direktur Teknologi Alam dan Proses Danone-Aqua menyatakan itu dalam acara kunjungan ke pabrik Aqua di Ciherang, Jawa Barat secara virtual lewat aplikasi Zoom, Selasa (18/8/2020).

“Galon Aqua ini memang digunakan berkali-kali. Kemasan Aqua 40-42 kali. Kami lakukan ini setelah melakukan penelitian panjang. Setiap botol kami cek kebocoran dengan dengan mesin secara otomatis,” ujarnya.

Dia memastikan, tidak semua galon yang dikembalikan oleh konsumen dipakai ulang. Ada proses seleksi sangat ketat terhadap galon yang ada. Mulai dari pengecekan fisik, sterilisasi, sampai pencucian secara otomatis.

“Setelah memastikan galon tidak pecah dan tidak ada kontaminan, proses pencucian kami lakukan tanpa sentuhan tangan pakai teknologi dari Italia. Dengan air bertekanan tinggi, juga detergen dan disinfektan food grade,” katanya.

Masih belum lepas dari ingatan, hasil penelitian para ilmuwan lingkungan tentang mikroplastik dari kemasan makanan yang turut masuk ke dalam tubuh konsumen. Penggunaan ulang galon plastik Aqua itu pun menuai pertanyaan.

Eko Hari Purnomo Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang turut menjadi narasumber kegiatan virtual itu bilang, kmungkinan migrasi kemasan ke dalam air mineral masih belum terbukti.

“Untuk jenis kemasan dari polycarbonate sampai sekarang tidak ada evidence (bukti) bisa melepaskan komponen kimia berbahaya. BPOM sendiri menyatakan, migrasi itu masih di bawah batas standar yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Demi melindungi konsumen, Eko mengatakan, proses pembersihan kemasan itu penting untuk memastikan tidak ada cemaran fisik, mikrobiologis, atau kimiawi pada produk air mineral dalam kemasan.

“Saya melihat, di akhir ada proses pembilasan galon Aqua itu ada proses pembersihan sisa detergen dan sisa disinfektan pula,” katanya. “Saya kira, penggunaan kemasan guna ulang ini juga mengurangi potensi limbah plastik.”

Soal kualitas air mineral dalam kemasan produk Aqua, Azwar yang merupakan Direktur Teknologi Alam dan Proses Pengolahan memastikan, sumber air Aqua adalah sumber pilihan yang selalu dilestarikan.

Dia mengklaim, Danone-Aqua selama ini telah menanam 2,8 juta hektare pohon di sekitar sumber air Aqua dan resapan aqua. Menurutnya, konservasi air itu juga dilakukan dengan membangun sumur resapan di permukiman.

“Kami lakukan ini dengan berbasis pengembangan komunitas di sekitar lingkungan sumber air yang kami gunakan, demi memastikan kemurnian air itu sampai di tangan konsumen,” katanya.(den/iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs