Jumat, 29 Maret 2024

Asperindo Optimis Harbolnas Ramadan Bisa Pulihkan Ekonomi Nasional

Laporan oleh Chusnul Mubasyirin
Bagikan
Petugas jasa pengiriman bersiap mengirimkan paket kepada pelanggan. Foto: Antara

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) optimis, kampanye Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Ramadan Bangga Buatan Indonesia (BBI) bisa memulihkan ekonomi nasional.

“Program ini (Harbolnas Ramadhan) tentu akan meningkatkan trafik dalam kegiatan jasa pengangkutan barang,” kata Mohamad Feriadi Ketua Umum Asperindo dalam keterangan resmi yang dikutip Antara, Selasa (11/5/2021).

Feriadi menyampaikan, program itu juga menjadi ikhtiar pemerintah untuk memulihkan ekonomi pelaku UMKM dan demi mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk tetap berada di rumah.

“Kami jelas mengapresiasi kebijakan pemerintah yang memberikan insentif atau subsidi. Program ini akan membuat belanja online meningkat,” ujarnya.

Menurut dia, program itu sangat membantu pemulihan usaha di sektor industri jasa pengiriman jasa yang terdampak pandemi. Di sisi lain, sektor usaha ini juga banyak menyerap tenaga kerja. Karenanya, Feriadi optimistis, strategi Menko Airlangga mampu mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Adapun program Harbolnas Ramadan, strategi pemerintah untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi Q2-2021 hingga di atas 7 persen.

Program itu berlangsung selama 5 hari jelang Lebaran, dan platform e-commerce diberikan insentif biaya pengiriman untuk produk UMKM lokal.

Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 miliar dalam bentuk subsidi ongkos kirim, diutamakan produk-produk dalam negeri. Ongkos kirim akan ditanggung pemerintah atau platform digital. Namun, jika pembelian produk dari luar negeri, ongkos kirim tetap ditanggung pribadi. (ant/cus)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs