Jumat, 29 Maret 2024

Cadangan Devisa Indonesia 135,9 Miliar Dolar Pada Desember 2020

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Logo Bank Indonesia. Foto: Dokumentasi BI

Cadangan devisa Indonesia pada Desember 2020 tercatat sebesar 135,9 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan posisi bulan sebelumnya yang 133,6 miliar dolar AS.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 10,2 bulan impor atau 9,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” kata Erwin Haryono Direktur Eksekutif Direktorat Komunikasi Bank Indonesia (BI) di Jakarta seperti yang dilansir Antara, Jumat (8/1/2021).

Erwin menjelaskan, peningkatan posisi cadangan devisa pada Desember 2020 itu terutama dipengaruhi oleh penarikan pinjaman luar negeri pemerintah dan penerimaan pajak.

Ke depan, menurut dia, BI memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs