Jumat, 19 April 2024

Gernas Bangga Buatan Indonesia Buat 16 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sepuluh penjahit dan dua orang pemotong kain dari UMKM binaan Pemkot Surabaya dilibatkan membuat masker di Balai Kota Surabaya. Foto : Humas Pemkot Surabaya

Odo R M Manuhutu Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) mengatakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) telah membuat 16 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masuk ke dalam ekosistem digital.

“Kita sudah mencapai 16 juta per September 2021 lalu. Saya yakin akan tercapai target 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital pada 2023 mendatang,” kata Odo, Rabu (13/10/2021) seperti diberitakan Antara.

Seperti diketahui, pada 14 Mei 2020 lalu, Joko Widodo Presiden RI membuat Gernas BBI agar UMKM tetap tumbuh di tengah pandemi Covid-19 dan memperkuat perekonomian Indonesia. Di tengah Covid-19, menurutnya UMKM perlu melakukan inovasi, transformasi, dan akselerasi.

“Beberapa pelaku UMKM sudah mulai melakukan transformasi yang tidak hanya jualan online tapi mereka juga melek literasi digital dan memperhatikan kualitas produk,” kata Odo.

Menurut Odo, selain mengembangkan kapasitas produksi, pelaku UMKM juga perlu memperhatikan kualitas produk mereka. Pasalnya, kualitas produk UMKM yang baik juga akan memberikan kesan yang positif bagi seluruh produk asal Indonesia.

Karena itu, Kemenkomarves dan Kementerian Koperasi dan UMKM memberikan dukungan beragam pelatihan untuk UMKM termasuk instansi lainnya berupa workshop virtual “Transformasi Digital UMKM Merah Putih”.

Ia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan baik kapasitas maupun kualitas produk UMKM di seluruh Indonesia.

“Kami bersama kementerian lain, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), dan pemangku kepentingan lain di sektor swasta akan mengarahkan produk asal Indonesia agar berkualitas baik. Ketika produk UMKM berkualitas baik, konsumen akan memperoleh pengalaman yang baik,” katanya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs