Jumat, 19 April 2024

GoTo dan Pemkot Berkolaborasi Angkat UMKM Surabaya untuk #BangkitBersama

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kampanye #BangkitBersama hasil kolaborasi GoTo dengan Pemerintah Kota Surabaya, Senin (8/11/2021). Foto: Denza suarasurabaya.net

GoTo, grup teknologi yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, berkolaborasi dengan Pemerintah Kota menggelar kampanye #BangkitBersama di Surabaya, Senin (8/11/2021).

Salah satu acara utama kegiatan kampanye ini adalah cangkrukan Eri Cahyadi bersama para pemimpin perwakilan Gojek dan Tokopedia di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Dharmahusada Surabaya.

Tujuan utama kolaborasi ini, seperti disampaikan dalam “Cangkrukan #BangkitBersama GoTo bersama Wali Kota Surabaya” adalah dukungan agar UMKM Surabaya bangkit dari Pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan menyelaraskan tiga elemen penting ekosistem GoTo, yaitu UMKM, konsumen, dan mitra driver, agar saling memberi manfaat satu sama lain dengan dukungan teknologi.

Leontinus A. Edison Co-Founder & Vice Chairman Tokopedia dalam cangkrukan itu mengatakan, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia yang harus beradaptasi menciptakan peluang.

“Sebagai karya anak bangsa, GoTo akan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mendorong kapasitas pegiat UMKM lokal dan mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari dari penjual terdekat,” ujarnya.

Catherine Hindra Sutjahyo Chief Food Officer Gojek mengatakan, soal kuliner Surabaya merupakan salah satu jawara destinasi kuliner di Indonesia karena banyaknya industri kuliner rumahan.

“Industri kuliner di Surabaya ini bahkan terkenal di kota-kota lain. Terlebih data kami juga mencatat, anggota Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) Surabaya mencapai lebih dari 5.000 UMKM,” ujarnya.

Menurutnya Surabaya merupakan kota dengan basis anggota KOMPAG terbesar ketiga setelah Jakarta dan Bandung. Karena itu, GoTo fokus mendukung UMKM Surabaya dengan solusi digital.

“Salah satunya melalui SWK dan kerja sama dengan Pemkot Surabaya ini, supaya UMKM di Surabaya bisa tumbuh berkembang dan tidak kalah saing dengan produk-produk brand besar,” katanya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengafirmasi kembali bahwa UMKM di Surabaya menjadi ujung tombak perekonomian di Surabaya dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

Salah satu peran penting UMKM di Surabaya adalah mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan. Terlebih dengan lahirnya UMKM-UMKM baru yang dibantu dengan digital.

“Karena mau tidak mau, UMKM ini akan bergerak hebat kalau juga bermain dengan digital. Apalagi di masa pandemi ini orang mulai biasa pesan lewat digital, lewat Gojek dan pakai GoPay,” katanya.

Dia menegaskan, UMKM Surabaya tidak akan bergerak bila Pemkot Surabaya tidak berkolaborasi. Kolaborasi dengan GoTo ini menurutnya sangat membawa dampak positif bagi UMKM di SWK.

“Ada orang pesan jadi tidak harus datang karena bisa melalui digital, jadi bisa berjualan dari rumah. Pada saat itu Pemerintah harus jadi fasilitator, dan harus bangkit bersama,” ujarnya.

Dia berharap, kolaborasi Pemkot Surabaya dengan GoTo bisa membuat semua pihak sejahtera. Driver Gojek dapat penghasilan, para pedagang dapat penghasilan, dan warga Surabaya juga dapat kemudahan.

Ada sejumlah program kolaborasi #BangkitBersama GoTo dan Pemkot Surabaya dalam mendorong daya beli konsumen, hingga membantu mitra driver supaya tetap produktif, sehat, dan aman.

Salah satu bentuk dukungan GoTo kepada UMKM di Surabaya adalah dengan menghadirkan program promosi GoFood bagi para pedagang di Sentra Wisata Kuliner Surabaya di akhir Oktober 2021 lalu.

Lewat program ini, GoTo mengeklaim bahwa para mitra GoFood, terutama UMKM di SWK Surabaya yang sudah bergabung dalam ekosistemnya, berhasil memperoleh kenaikan nilai transaksi 28 persen.

Sementara itu, sebagai bentuk upaya yang sama, Tokopedia juga telah mendukung pameran UMKM dan produk unggulan tahunan Jawa Timur, Jatim Fair Hybrid 2021, yang digelar online lewat Tokopedia.

Program Jatim Fair Hybrid 2021 itu diklaim berhasil mendorong peningkatan transaksi para UMKM lokal yang mengikuti kegiatan ini dengan nilai paling tinggi mencapai 13 kali lipat.

Tidak hanya program promosi, GoTo juga berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan Surabaya menghadirkan program pengembangan skill bagi para pelaku UMKM lewat Kelas Maju Digital Pemula.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 11 dan 19 November mendatang dengan peserta ribuan UMKM binaan Pemerintah Kota Surabaya, baik kuliner dan non kuliner, sehingga daya saingnya meningkat.

Kemudian, secara berkelanjutan, GoTo melalui GoTo Financial dengan dukungan dari OJK Jatim juga memberikan pelatihan manajemen keuangan bagi UMKM di Surabaya.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs