Jumat, 3 Desember 2021

Indonesia Punya Potensi Jadi Superpower Ekonomi Kreatif

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan. Foto: Istimewa

Umar Hadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan bilang, Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan bangga memperkenalkan keanakeragaman budaya Indonesia lewat pagelaran Fashion Show karya Samuel Wattimena bertajuk An Exotic Journey to Nusantara yang digelar virtual, Sabtu (27/3/2021).

“Saya berterima kasih ke maestro Samuel Wattimena mempersembahkan karya masterpiece serta memperkenalkan karya para bakat muda dari berbagai daerah di Indonesia. Samuel Wattimena adalah seorang genius dan saya penggemar berat karyanya,” kata Umar.

Kegiatan ini sekaligus mempromosikan kolaborasi antara Indonesia dan Korsel di bidang ekonomi kreatif dan hubungan budaya lebih dekat antara dua negara.

“Kita juga sangat terhormat mendapatkan kesempatan mendengarkan Megawati Soekarnoputri Presiden V RI dalam keynote speech. Megawati selalu punya perhatian khusus kepada ekonomi kreatif dan budaya Indonesia. Dan beliau punya hubungan khusus dengan Korsel. Terlebih, Ibu Mega adalah pejuang sejati akan kelestarian alam,” lanjut Umar.

Ditambahkannya, Korsel sekarang menjadi superpower global dalam mengekspor ekonomi kreatif dan memasarkan produk kebudayaan. Korean Wave telah berkontribusi signifikan kepada budaya popular global.

“Sementara, Indonesia memiliki potensi superpower, karena memiliki dua aset utama: keanekaragaman budaya dan energi dari para bakat muda. Saya yakin kolaborasi antara Indonesia dan Korsel akan berkontribusi signifikan kepada promosi ekonomi kreatif di tingkat global. Akan menciptakan lapangan kerja untuk bakat muda di kedua negara,” harapnya.

Dubes juga menyebutkan upaya ini bisa membuka kesempatan baru untuk meningkatkan kesejahteraan melalui UMKM di desa dan kota di dua negara. Dan hal ini akan berkontribusi kepada strategis partnership antara Indonesia dan Korsel sekaligus mempromosikan tahun 2021 sebagai tahun ekonomi kreatif internasional global untuk pembangunan berkesinambungan seperti dinyatakan PBB.(faz/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
26o
Kurs