Jumat, 3 Mei 2024

ITS Automotive Team Pamerkan Karya Kendaraan Inovatif di GIIAS 2021

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kendaraan inovativ karya Tim Automotive ITS hadir pada ajang GIIAS 2021 di Grand City Covex Surabaya. Foto: Humas ITS

ITS Automotive Team turut berpartisipasi menampilkan berbagai inovasi kendaraan otomasinya yang disandingkan bersama sejumlah brand otomotif ternama seperti Toyota, Honda, BMW, VW dan masih banyak lainnya pada pameran automotive tahunan Gaikindo Indonesia Internasional Automotive Show (GIIAS) 2021 di Grand City Convex Surabaya.

Perusahaan-perusahaan otomotif ini saling memamerkan berbagai prototipe dan produk andalan terbaru mereka, baik pada kelas mobil berbahan bakar gasoline maupun berbasis listrik. Dikarenakan masih dalam masa pandemi, pihak penyelenggara pun menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama acara berlangsung. Pada acara yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini, ITS Automotive Team menghadirkan empat mobil kebanggaannya seperti mobil listrik formula Anargya Mark 2.0, Antasena Hydra bertenaga hidrogen, mobil urban Sapuangin XI Evo 2 Generasi 11 berbahan bakar gasoline, dan Nogogeni VI Evo berbahan bakar listrik. Mobil-mobil karya mahasiswa ITS ini ikut dipamerkan selama 8 Desember sampai 12 Desember 2021.

Keempat mobil dari tim otomotif terbaik ITS ini sendiri memiliki tipe kelas, bahan bakar serta fokus penelitian dan pengembangan teknologi otomotif yang berbeda-beda. Hal ini sekaligus menunjukkan keseriusan ITS untuk terus mengembangkan teknologi otomotif yang tidak hanya terfokus pada satu bidang spesifik. Namun dalam berbagai bidang untuk memajukan dunia otomotif tanah air.

Anggito Kusumo Pamungkas GM Anargya ITS Electric Vehicle team mengungkapkan, bahwa berpartisipasinya tim Anargya ITS dalam pagelaran GIIAS ini dapat menunjukkan kontribusi mahasiswa ITS dalam pengembangan teknologi mobil listrik nasional.

“Terima kasih atas kesempatan ini, kami berharap agar ke depannya kami dapat membawa inovasi-inovasi lain untuk kemajuan kendaraan listrik di Indonesia, ” ujar Anggito Kusumo Pamungkas, Kamis (9/12/2021).

Sementara itu Ario Bhismo Nugroho GM Antasena ITS berharap, melalui pameran otomotif karya tim ITS ini dapat menginspirasi anak bangsa dan memberikan optimisme kepada masyarakat. Satu diantaranya untuk menunjukkan bahwa Indonesia bisa menjadi negara penghasil riset hidrogen dan pembuat mobil hidrogen.

“Ini adalah ajang untuk menunjukkan bahwa generasi muda, khususnya mahasiswa ITS, sedang berinovasi demi Indonesia yang lebih baik,” kata Ario Bhismo Nugroho.

Sedangkan Dimas Andi Setiawan GM Nogogeni ITS Team juga berharap, melalui acara ini tim riset ITS dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan selalu menghadirkan inovasi teknologi terkini dari dunia otomotif. Yakni dengan menggunakan energi alternatif yang dapat terealisasikan ke depannya.

Ditambahkan William Mikhael Parlindungan GM ITS Team Sapuangin menyampaikan rasa syukurnya karena tim ITS diberi kesempatan untuk bersanding dengan banyak perusahaan otomotif besar lainnya.

“Kami berharap melalui ajang ini, kami dapat lebih menunjukkan inovasi anak bangsa dan memotivasi anak muda lainnya,” pungkas Wiliam.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs