Jumat, 19 April 2024

Menhub: Perwira Transportasi Harus Ikut Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Sebanyak 21 orang dari 348 taruna/taruni Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya mengikuti pelantikan perwira secara langsung di Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Tangerang.

Acara bertajuk Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub 2021 itu berlangsung Rabu (29/09/2021).

Perlu diketahui, pelantikan perwira transportasi ini sama halnya dengan wisuda bagi para taruna/taruni yang sudah menyelesaikan studi diplomanya dan dinyatakan lulus tahun ini.

Pelantikan digelar langsung dan virtual diikuti 3.190 perwira transportasi. Sebanyak 27 sekolah tinggi UPT BPSDMP Kemenhub baik dari matra darat, laut, udara, dan kereta api mengirimkan perwakilan perwira.

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan melantik mereka yang hadir di Curug secara langsung. Dia berpesan, pelantikan itu hanya langkah awal pengabdian tanpa henti untuk bangsa dan negara.

Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu kali ini bertema ‘Perwira Transportasi Bergerak Harmonikan Indonesia’.

“Harapannya, seluruh perwira transportasi yang dilantik hari ini jadi ‘agent of change’ transportasi yang mampu mempersatukan dan dapat menciptakan harmonisasi transportasi di Indonesia,” kata Budi.

Pelantikan itu, kata Budi, sesuai arahan Joko Widodo Presiden bahwa pembangunan non fisik atau pembangunan SDM adalah faktor penting untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Kemenhub, lanjutnya, secara konsisten melaksanakan pembangunan SDM bidang transportasi melalui 27 lembaga pendidikan darat, laut, udara dan kereta api yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Dan mulai tahun ini kalian yang lulus bisa menempuh pendidikan S2 yang dilakukan mandiri oleh BPSDM Perhubungan yang juga bekerja sama dengan UI, ITB, UGM, ITS dan juga bekerjasama dengan universitas di Inggris, Denmark dan lainnya dengan double degree,” ungkapnya.

Kemenhub menjalankan program pendidikan di sektor transportasi sebagai upaya mewujudkan keterhubungan dan kesesuaian ‘link and match’, sehingga tercetak perwira trasportasi andal.

“Jadi antara program diklat yang dilaksanakan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh regulator, dunia usaha atau pemangku kepentingan di sektor transportasi, serta memenuhi harapan SDM transportasi yang handal, kompeten dan memiliki daya saing untuk Indonesia,” ujar Menhub.

M Andra Aditiyawarman Direktur Poltekbang Surabaya mengatakan, untuk Poltekbang Surabaya meluluskan sebanyak 348 wisudawan.

Dan yang dikirim dalam pelantikan secara langsung di PPI Curug sebanyak 21 wisudawan. Dari jumlah itu ada sebanyak 120 orang yang masuk dalam Program Pola Pembibitan dan mereka akan menjadi calon ASN Kemenhub.

Ia berharap para anak didiknya yang telah lulus ini bisa meniti karir di dunia transportasi nasional maupun internasional.

“Dengan adanya suasana pandemi yang semakin baik, kita harapkan industri penerbangan juga semakin baik dan bangkit sehingga anak didik kita yang baru lulus ini bisa ikut berkontribusi di dunia penerbangan,” pungkas Andra.

Acara Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu 2021 diikuti Poltekbang Surabaya dengan mendatangkan seluruh wisudawannya yang telah dinyatakan lulus. Mereka mengikuti upacara secara virtual yang langsung disiarkan dari PPI Curug, Tangerang.

Tampak pula sejumlah tamu undangan mantan direktur Poltekbang Surabaya, seperti Setiyo dan Achmad Setiyo Prabowo mengikuti acara hingga selesai di Lapangan Dirgantara Poltekbang Surabaya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs