Kamis, 25 April 2024

Menteri PPN Tekankan Peran Penting Koperasi Dukung Petani Kopi

Laporan oleh Chusnul Mubasyirin
Bagikan
Suharso Monoarfa Menteri PPN/Kepala Bappenas menghadiri peluncuran Golden Wood Coffee atau Kopi Kayumas di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pada Minggu (18/4/2021). Foto: Humas Bappenas

Suharso Monoarfa Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, menekankan pentingnya peran koperasi untuk mendukung permodalan petani kopi arabika java ijen raung, sebagai komoditas unggulan Bondowoso Republik Kopi.

Hal itu disampaikan Suharso, saat menghadiri peluncuran Golden Wood Coffee atau Kopi Kayumas di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, akhir pekan kemarin.

“Kopi Kayumas Situbondo ini juara satu di dunia, dan mudah-mudahan ini bisa dipertahankan terus karena Indonesia dikenal banyak produknya di seluruh daerah,” katanya dalam keterangan resmi seperti dilansir Antara, Senin (19/4/2021).

Ia menjelaskan, kopi yang dihasilkan Desa Kayumas, Kecamatan Arjasan, Kabupaten Situbondo itu, sudah tersohor sejak 1886 dan sudah mendapatkan rekognisi dari dunia internasional.

“Artinya Situbondo bisa mengindustrikan kopi ini, sedemikian rupa sehingga tersebar ke seluruh dunia,” ujarnya.

Ia berharap, ke depannya potensi komoditas kopi di Situbondo bisa lebih didorong oleh industri-industri, mengingat telah menjadi kopi nomor satu di dunia.

Sementara itu, untuk klaster kopi arabika telah dimulai sejak 2010 yang didasari tingkat keberhasilan kebun PTPN XII, kondisi sosial ekonomi masyarakat di sekitar hutan, tinggi rendahnya prospek pasar kopi arabika, serta perkembangan kondisi ekonomi lokal.

Kopi arabika java ijen raung ini, mendapat Sertifikat Indikasi Geografis (SIG) dan sertifikat internasional yang melatarbelakangi deklarasi Bondowoso sebagai Republik Kopi.

Ia menegaskan perlu kolaborasi berbagai pihak untuk menjaga kelangsungan kopi khas Bondowoso, satu diantaranyanya dengan memperkuat internal kelembagaan koperasi.

“Agar koperasi dapat lebih optimal sebagai agregator produksi kopi petani, maka petani harus mau menjadi anggota koperasi,” tegasnya.

Menurutnya, produktivitas kopi arabika sangat rentan dengan perubahan cuaca, yakni adanya potensi penurunan hingga 40 persen ketika hujan tak menentu dan kemarau panjang.

Kendala lain yang dihadapi petani kopi arabika, fluktuasi harga dan kurangnya nilai tambah produk bagi petani karena penjualan kopi gelondong basah atau kering.

Kemudian juga kurangnya pengetahuan petani kopi rakyat tentang efektivitas dan efisiensi menanam kopi, serta rendahnya minat generasi muda pada tradisi budidaya kopi.

Ia menambahkan, pelatihan dan pendampingan budidaya mengenal pengolahan kopi yang benar serta manajemen usaha, pengemasan sampai pemasaran harus didukung penuh oleh semua pihak.

“Dukungan pemerintah untuk produk UMKM, seperti program Bangga Buatan Indonesia, juga perlu dioptimalkan,” katanya. (ant/cus/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs