Jumat, 26 April 2024

Mulai 1 Maret 2021, BI Terapkan DP Nol Persen Kredit Semua Kendaraan Bermotor

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur BI. Foto : Faiz

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk melonggarkan Down Payment (DP) atau uang muka kredit kendaraan bermotor 0% (nol persen) untuk semua jenis kendaraan bermotor yang baru.

Perry Warjiyo Gubernur BI mengatakan pelonggaran 0% uang muka semua jenis kendaraan bermotor itu untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif.

“Melonggarkan ketentuan uang muka kredit pembiayaan kendaraan bermotor menjadi 0% untuk semua jenis kendaraan bermotor yang baru, untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif,” ujar Perry dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis (18/2/2021).

Meski begitu penerapan kredit Nol persen itu tetap harus memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko. Kata Perry, penerapan kredit tersebut berlaku mulai 1 Maret -1 Desember 2021.

“Dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen resiko berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai dengan tiga 31 Desember 2021 ,” jelasnya.

Perry menegaskan, dalam Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 17 dan 18 Februari 2021 ini juga memutuskan untuk menurunkan BI Seven Days Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 3,5 persen, suku bunga deposit facility juga turun 25 basis poin menjadi sebesar 2,75%. Demikian juga suku bunga lending facility turun 25 basis poin menjadi 4,25%.

“Keputusan ini konsisten dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah dan stabilitas nilai tukar Rupiah yang terjaga serta sebagai langkah lanjutan untuk mendorong momentum pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Perry.(faz/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs