Kamis, 18 April 2024

Pertamina Menjamin Pasokan BBM Aman Meski Ada Tangki Terbakar

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi pengisian BBM di SPBU sebelum Pandemi Covid-19. Foto: Dok. suarasurabaya.net

PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak tetap berjalan normal meski malam tadi terjadi kebakaran salah satu tangki komponen produk Pertalite di Kilang Cilacap, Jawa Tengah.

“Pasokan energi untuk masyarakat tidak terkendala dan distribusi tetap berjalan lancar,” kata Nicke Widyawati Direktur Utama Pertamina dalam keterangan yang dikutip Antara, Minggu (14/11/2021).

Pertamina menyatakan, tangki yang terbakar itu berhasil dilokalisasi melalui penanganan intensif dan defensif.

Meski api berhasil dikendalikan, petugas tetap melakukan penyekatan di seputar tangki sekaligus melakukan pendinginan dengan truk pemadam dan hydrant agar api padam total.

Sementara itu, Eko Sunarno General Manager Kilang Cilacap mengatakan, insiden kebakaran ini terjadi pukul 19.10 WIB. Tangki yang terbakar adalah 36 T-102 yang berisi komponen produk Pertalite sebanyak 31 ribu kiloliter.

Begitu kebakaran terjadi, Eko mengatakan, pihaknya langsung mengalihkan tangki komponen produk Pertalite yang tidak terbakar yang ada di tangki 36 T-101 ke Terminal BBM Lomanis.

Sampai sekarang Pertamina masih belum bisa memastikan penyebab utama terjadinya kebakaran di area Kilang Cilacap.

Berdasarkan penuturan warga yang berada di sekitar lokasi kejadian, insiden kebakaran itu terjadi saat hujan lebat disertai petir. Selang beberapa menit kemudian, aliran listrik padam sehingga kondisi menjadi gelap gulita.

Rekaman video dan foto kobaran api yang melahap tangki berisi komponen produk Pertalite itu menyebar luas di berbagai media sosial.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs