Jumat, 3 Desember 2021

Presiden Mengimbau Setiap Daerah Fokus Mengembangkan Produk Unggulannya

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden membuka Apkasi Otonomi Expo 2021, Rabu (20/10/2021), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden menekankan pentingnya memperkuat perdagangan antardaerah untuk melengkapi rantai nilai (value chain) nasional.

Terkait hal itu, Presiden meminta setiap daerah fokus pada produk unggulan masing-masing.

Jokowi tidak mau ada daerah ikut-ikutan daerah lain semisal menanam pohon karet atau kelapa sawit, untuk menghindari kerugian ekonomi bersamaan sewaktu harga komoditasnya merosot.

Imbauan tersebut disampaikan Presiden, hari ini, Rabu (20/10/2021), dalam peresmian Otonomi Expo 2021, secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Setiap daerah sebaiknya fokus pada produk unggulannya. Sehingga ke depannya bisa saling menopang. Kita ini kan suka latah, musim tanam karet semua ikut menanam karet, begitu juga sawit. Tapi, begitu harganya ambruk semua ikut ambruk. Jangan seperti itu. Saya ingatkan setiap daerah perlu fokus pada produk unggulannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi Presiden mengingatkan Indonesia punya pasar dalam negeri yang potensial. Potensi itu harus bisa dioptimalkan untuk memperkuat industri dalam negeri.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mewanti-wanti, jangan sampai pasar domestik yang begitu besar dibanjiri produk-produk negara lain.

Kepala Negara berharap dalam Otonomi Expo 2021, daerah bukan cuma mempromosikan produk dan objek wisata, tapi juga menunjukkan iklim investasi, kepastian hukum, kepastian perizinan di Indonesia semakin baik.

Sekadar informasi, Otonomi Expo 2021 bertema Daerah Bangkit Indonesia Maju berlangsung selama tiga hari, 20-22 Oktober 2021 di Hall A, Jakarta Convention Center.

Acara yang diinisiasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), diikuti pemerintah kabupaten, sejumlah pemerintah provinsi, kementerian dan perusahaan swasta.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
29o
Kurs