Selasa, 7 Mei 2024

Ribuan Pegawai Kemenkeu Kena Covid-19, 39 Meninggal Dunia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan. Foto: Antara

Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan (Menkeu) menyebut, dampak penyebaran Covid-19 menyebabkan 39 pegawainya meninggal dunia. Sedangkan total pegawainya yang terkena Covid-19 adalah 1.171 orang.

Menurut Menkeu, pegawainya yang paling banyak terkena Covid-19 adalah dari Direktorat Jendral Pajak. Kata Sri Mulyani, pegawai Kemenkeu dalam tugas sehari-harinya juga sama seperti masyarakat Indonesia lainnya yang menghadapi risiko terkena Covid-19.

“Sampai hari ini sudah 1.171 konfirmasi kasus Covid yang ada di lingkungan Kementerian Keuangan. Tentu hal ini yang paling besar adalah di Pajak. Jumal yang meninggal di Kemenkeu telah mencapai 39 orang, 22 diantaranya dari Direktorat Jendral Pajak,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers secara daring, Rabu (6/1/2021).

Kata dia, meskipun menghadapi risiko, pegawai Kemenkeu tetap harus menjalankan pekerjaannya.

“Dalam situasi ini, teman-teman pajak dalam menjalankan tugas menjaga penerimaan negara jadi sangat menantang,” tegasnya.

Sri Mulyani menjelaskan, di tahun 2020 pemerintah menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp 1.198,8 Triliun. Dari target itu, pemerintah hanya bisa mengumpulkan Rp 1.070 Triliun hingga akhir tahun atau kurang Rp 128,8 Triliun dari target.

Penerimaan yang kurang dari target tersebut, kata Menkeu, mencerminkan dua hal. Pertama, kondisi perekonomian yang menurun sepanjang 2020, dan yang kedua, pemerintah memberikan insentif untuk keseluruhan perekonomian.

“Inilah yang juga menyebabkan beberapa penerimaan memang foregone atau ditanggung oleh pemerintah karena memberi ruang kepada maayarakat,” tegasnya.(faz/lim)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs