Jumat, 29 Maret 2024

Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM Home and Living Hadapi Pandemi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Selama kuartal I 2021, kategori Home and Living di Tokopedia meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding kuartal I 2020.

“Bantal tidur, alat pel lantai serta peralatan dapur seperti set pisau dan timbangan dapur menjadi beberapa produk paling dicari,” kata Rizki Widyastuti Strategic Initiatives Senior Lead Home and Living, Mom, and Baby Category Tokopedia, Senin (31/5/2021).

Menurutnya, kebutuhan tinggi masyarakat akan kategori itulah yang mendorong Tokopedia terus menggandeng pegiat usaha termasuk UMKM lokal penjual produk rumah tangga, dapur, furnitur, hingga pertukangan melalui berbagai inisiatif.

“Salah satunya dengan menggelar kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale selama Juni 2021 ini,” ujarnya.

Home Living SALEbrations menjadi salah satu panggung bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal seperti Sleep Buddy Bedding dan Dekornata, untuk terus beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi seperti Tokopedia.

Indah Catur Agustin mengawali bisnis sebagai reseller sampai akhirnya mendirikan Sleep Buddy Bedding pada 2009 yang menjual beragam produk seprai berkualitas dengan harga terjangkau. Indah mulai memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia pada 2017.

“Kini 80 persen penjualan kami berasal dari Tokopedia. Transaksi di toko kami juga naik hampir 20 kali lipat pada Q1 2021 dibanding Q1 2020. Omzet di Tokopedia bisa mencapai lebih dari Rp900 juta,” kata Indah.

Bisnis Indah sempat memberdayakan banyak penjahit dari Purwantoro dan Wonogiri. Walau pandemi sempat menurunkan semangatnya, Indah cepat bangkit untuk tetap fokus ke usahanya.

Misalnya dengan berkolaborasi bersama influencer dan mengikut berbagai kampanye di Tokopedia termasuk Home Living SALEbrations. “Lewat Tokopedia, Sleep Buddy Bedding bisa dikenal masyarakat di luar Surabaya,” katanya.

Sementara itu, Giovanno Warli Pemilik Dekornata mengisahkan. Dia mendirikan usahanya sejak 2018 sebagai bisnis lokal yang berkolaborasi dengan pengrajin dari Jawa sampai Kalimantan, menjual berbagai produk olahan kayu, mebel, dan dekorasi rumah.

“Semua produk kami asli buatan pengrajin Indonesia dan hanya menggunakan kayu yang didapatkan secara legal dan ramah lingkungan,” ungkapnya.

Setelah bergabung dengan Tokopedia pada Juni 2018, penjualan Dekornata terus mengalami peningkatan. “Bahkan selama pandemi, omzet kami pun melonjak hingga tiga kali lipat,” katanya.

Giovanno juga membagikan beberapa strategi yang kerap dia lakukan demi meningkatkan penjualan meski di tengah pandemi.

“Selain aktif mengikuti kampanye di Tokopedia, salah satunya Home Living SALEbrations, kami juga rutin berinovasi produk seperti peralatan makan, pot tanaman hias hingga parsel Ramadan. Juga berinovasi memanfaatkan teknologi AR agar pembeli bisa ‘mencoba’ produk Dekornata tanpa harus keluar rumah,” ujarnya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs