Jumat, 29 Maret 2024

Wujudkan Toko Kelontong yang Adaptif dan Inovatif, SRC Kolaborasi dengan Pemerintah Kota Surabaya

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya (kiri) dan Rima Tanago Direktur PT SRCIS (kanan) dan pada acara Peluncuran Progam Sinai Kelontong Suroboyo, Kamis (21/10/2021. SRCIS akan melakukan pendampingan langsung kepada UMKM toko kelontong di Surabaya). Foto: Istimewa

PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) dan Pemerintah Kota Surabaya memiliki komitmen yang sama untuk mengembangkan toko kelontong lokal agar lebih adaptif dan inovatif.

Komitmen ini diwujudkan melalui kolaborasi strategis dengan menghadirkan program Sinau Kelontong Suroboyo (SKS) yakni program berkualitas dan berkelanjutan yang ditujukan untuk para pelaku UMKM khususnya toko kelontong. Program ini diharapkan dapat menggerakkan ekonomi daerah di wilayah tersebut.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memberikan apresiasi terhadap kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak.

Menurut Eri, kolaborasi dengan PT SRCIS perlu dilakukan sehingga ada pendampingan toko kelontong dan adaptif terhadap kemajuan teknologi yang ke depan akan sangat berpengaruh pada sisi penjualan.

“Jika nanti toko kelontong sudah diedukasi dan ditata rapi, insyallah mereka akan lebih hebat lagi dari sekarang. Bahkan, ia berharap nanti ke depannya toko kelontong di Surabaya bisa menjadi tempat yang nyaman bagi warga Kota Surabaya dalam berbelanja,” kata Eri.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya (kanan) dan Rima Tanago Direktur PT SRCIS (kiri) pada acara Peluncuran Progam Sinai Kelontong Suroboyo, Kamis (21/10/2021). Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen SRC Indonesia dan Pemerintah Kota Surabaya untuk mengembangkan toko kelontong lokal agar lebih adaptif dan inovatif. Foto: Istimewa

Dalam proses edukasi terhadap pelaku UMKM di Surabaya, SRCIS akan melakukan pendampingan langsung kepada UMKM toko kelontong dengan tujuan meningkatkan bisnis lewat pemanfaatan teknologi dan digitalisasi. SRCIS akan berperan sebagai pendamping para toko kelontong lokal untuk siap beradaptasi dengan perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen di era digital.

Rima Tanago Direktur PT SRCIS menjelaskan situasi pandemi memberikan pelajaran untuk semua industri dan lini kehidupan agar bergerak taktis dan dinamis, tidak terkecuali toko kelontong sebagai bagian dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kebutuhan untuk beradaptasi dengan cepat dan dukungan inovasi teknologi sangat diperlukan untuk mendorong ekonomi daerah dan pada akhirnya berkontribusi pada ekonomi nasional.

“Kolaborasi dan inovasi yang kami lakukan bersama Pemkot Surabaya akan menjadi tonggak sejarah bagi keduanya. Melalui program berkelanjutan seperti SKS ini diharapkan dapat mendorong toko kelontong di wilayah tersebut untuk bisa lebih maju dan berkembang,” jelas Rima dalam keterangan resminya di Surabaya, Kamis (21/10/2021).

Rima menyatakan dalam proses kerjasama tersebut, para pelaku UMKM toko kelontong akan diberikan edukasi, pembinaan, dan pendampingan sehingga mereka bisa memberikan sebuah keputusan tepat dalam hal berbisnis, terutama ketika menghadapi situasi krisis sekalipun.

Selain itu para pedagang kelontong akan mendapatkan transfer knowledge mengenai inovasi teknologi yang dapat diaplikasikan untuk mendukung aktivitas ke depan.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM pada Juli 2021 hanya sebanyak 15,3 juta UMKM di Indonesia atau 23,9 persen dari total UMKM yang sudah melakukan digitalisasi.

“Untuk itu jumlah UMKM yang go digital harus terus didorong agar seluruh UMKM di Indonesia naik kelas ke level selanjutnya, dan SRCIS dan Pemkot Surabaya memiliki niat yang sama untuk berkontribusi dalam hal ini,” kata Rima.

Apalagi, digitalisasi sudah terbukti dapat menyelamatkan UMKM dari masa-masa krisis. Laporan Bank Indonesia (BI) menyebut digitalisasi telah menyelamatkan 12,5% pelaku UMKM dari kebangkrutan selama pandemi. Digitalisasi juga memperkuat ketahanan UMKM selama masa pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

Rima menjelaskan, implementasi program Sinau Kelontong Suroboyo nantinya berupa edukasi dan pembinaan usaha untuk para pelaku toko kelontong di Surabaya. Pelaku UMKM bisa mendapatkan berbagai ilmu dari kelas-kelas edukasi, khususnya dalam membangun dan mengembangkan bisnis toko kelontong.

Adapun kerjasama ini dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama akan dijalankan di 12 kecamatan di Surabaya, kemudian akan dilakukan evaluasi dan diskusi untuk tahapan selanjutnya.

“Didukung digitalisasi, program tersebut akan menciptakan ekosistem bisnis yang mumpuni sehingga pengembangan bisnis di toko kelontong dapat bergerak secara serentak, diharapkan dapat memberikan dampak yang besar bagi masyarakat dan perekonomian kota Surabaya. Kami berharap UMKM toko kelontong wilayah Surabaya dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan yang luar biasa,” ujar Rima.

Rima menambahkan UMKM di Surabaya akan lebih cepat mandiri karena SRCIS juga membantu dalam pendistribusian produk-produk UMKM lokal melalui Pojok Lokal SRC. Adapun, Pojok Lokal SRC disediakan di toko kelontong SRC sebagai wadah bagi para UMKM di sekitar toko kelontong untuk menjual produk usahanya. Beragam varian produk UMKM dapat ditemukan di Pojok Lokal, mulai dari makanan ringan, kerajinan tangan, dan berbagai macam produk khas lokal lainnya.

“Dengan demikian ada mata rantai yang saling menguntungkan di antara para pelaku UMKM. Oleh karena itu sinergi antara Pemerintah dan swasta perlu dilakukan secara kontinu untuk menghasilkan sebuah inovasi terbaik dan memberikan dampak luas kepada masyarakat baik secara sosial maupun ekonomi ,” katanya.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs