Jumat, 19 April 2024

14 Juta Ton Biji-bijian Ukraina Diekspor Berdasarkan Perjanjian Laut Hitam

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Biji Gandum Ukraina. Foto: Pixabay

Lebih dari 14 juta ton biji-bijian telah diangkut 556 kapal di bawah Perjanjian Koridor Laut Hitam yang disepakati Ukraina dan Rusia melalui mediasi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Turki guna mencegah potensi krisis pangan global.

“Pengiriman biji-bijian dari pelabuhan Ukraina terus berlanjut. Hingga hari ini, 556 kapal bermuatan biji-bijian meninggalkan pelabuhan Ukraina, dan 560 kapal pergi ke pelabuhan Ukraina untuk pengiriman,” jelas Kementerian Pertahanan Nasional Turki dalam pernyataan pada Sabtu (17/12/2022) yang dikutip Antara.

Kesepakatan yang ditandatangani keempat pihak tersebut di Istanbul pada Juli lalu, bertujuan untuk melanjutkan kembali ekspor biji-bijian dari tiga pelabuhan Ukraina yang terletak di Laut Hitam yang sempat terhenti sementara akibat perang Rusia-Ukraina sejak Februari.

Pusat Koordinasi Gabungan bersama pejabat dari Rusia, Ukraina, Turki, dan PBB dibentuk Istanbul untuk mengawasi pengiriman.

Kapal pertama yang membawa biji-bijian berangkat pada 1 Agustus 2022 dari Pelabuhan Odesa, Ukraina, di bawah kesepakatan bersejarah itu.

Turki, mendapat pujian dari internasional atas perannya sebagai penengah antara Ukraina dan Rusia. Turki berulang kali meminta Kiev dan Moskow untuk mengakhiri perang melalui negosiasi.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs