Selasa, 5 Juli 2022

Banyuwangi Surfing Championship Promosikan Pariwisata Lokal di Pentas Global

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Atlet selancar dunia sedang melakukan aksinya pada acara World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022, di Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (28/5/2022) Foto: ANTARA

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif optimistis Ajang World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022, di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, membantu mempromosikan pariwisata Indonesia di pasar internasional.

“Jutaan orang menyaksikan kejuaraan tersebut melalui platform streaming dari berbagai belahan dunia mengingat WSL telah menjadi salah satu ajang liga selancar paling bergengsi di tingkat global,” ujarnya seperti dilansir Antara, Minggu (29/5/2022).

Ajang WSL digelar mulai 28 Mei hingga 6 Juni 2022. Sandi berharap kegiatan tersebut membantu menghidupkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air.

“Acara ini diharapkan dapat meningkatkan lama tinggal peselancar serta kualitas belanja dan dengan demikian, mempengaruhi kebangkitan pariwisata,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Dessy Ruhati Direktur event nasional dan internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan, sport tourism merupakan bagian dari pariwisata yang menguntungkan dan berkualitas karena target pasarnya sangat spesifik dan segmentasinya baik.

“Sektor pariwisata berbasis olahraga menyumbang lima persen dari total pendapatan dari industri perjalanan dan pariwisata,” kata Ruhati.

Pantai Plengkung (G-Land) yang berada di area TN Alas Purwo memang dikenal sebagai surga bagi peselancar dunia. Kawasan itu telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO-PBB dan geopark nasional.

“Untuk mewujudkan pariwisata yang berkualitas, kita bisa memanfaatkan sport-based tourism. Ini bagian dari portfolio produk pariwisata Indonesia yang secara konsisten didukung oleh pengembangan dan diversifikasinya,” kata Ruhati.

Di sisi lain, Arya Sena Subyakto Ketua Pengurus Besar Persatuan Selancar Indonesia (PB PSOI) mengatakan acara WSL di Banyuwangi sangat unik karena diselenggarakan di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo dengan beberapa zona.

G-Land memiliki ombak yang dianggap terbaik di dunia, membentang hingga dua kilometer. Dengan ketinggian ombak 6-8 meter dan panjang 2 kilometer, pantai ini menjadi destinasi impian para peselancar di seluruh dunia. Ombaknya masuk kategori salah satu terbaik di dunia. Gelombang di G-Land kerap membentuk tabung air yang hampir sempurna.

“Tidak semua lokasi turnamen selancar memiliki menara juri di tengah laut. Saat ini menara juri tengah laut hanya ada di Tahiti dan Fiji,” kata Subyakto.

WSL Championship Tour 2022 sendiri digelar di sejumlah pantai terpilih di dunia. Di antaranya Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti. Ajang selancar bergangsi ini terbagi menjadi dua kategori, yakni Roxy Pro G-Land untuk 12 peserta perempuan, dan Quiksilver Pro G-Land untuk 24 peselancar laki-laki.

Sri Mulyani Menteri Keuangan Republik Indonesia juga sempat mengatakan, WSL memiliki social engagement tertinggi ketiga untuk event olahraga setelah National Basketball Association (NBA) dan National Football League (NFL/US football league), bahkan mengalahkan MotoGP yang berada di posisi kesembilan.(ant/tha/rid)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
30o
Kurs