Kamis, 25 Juli 2024

BI Jatim Dorong Jatim sebagai Smart Province di EJAVEC 2022

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
9th East Java Economic (Ejavec) Forum Call for Paper (CP) 2022, Kamis (15/7/2022). Foto : Humas BI

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dorong Jawa Timur menjadi smart province dengan penguatan kebijakan yang berbasis keilmuan (research-based policy ) di 9th East Java Economic (EJAVEC) Forum Call for Paper (CP) 2022, dengan tema “Akselerasi Pemulihan Ekonomi dan Sosial Jawa Timur pada Era Normal Baru.”

Hal ini disampaikan Budi Hanoto Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, di puncak acara berupa konferensi dan pengumuman pemenang kompetisi, Kamis (15/7/2022).

“EJAVEC bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran stakeholders tentang perkembangan ekonomi dan isu strategis yang terjadi di Jawa Timur,” jelasnya.

Budi juga menyampaikan EJAVEC CP 2022 yang sudah berlangsung sejak 7 Maret 2022, diikuti oleh 93 full paper yang berasal dari mahasiswa, akademisi, praktisi, dan ASN dari enam provinsi di Indonesia serta beberapa universitas dari luar negeri.

Di tahun ini, EJAVEC Journal berhasil terakreditasi ISSN ( International Standard Serial Number ) elektronik yang mengindikasikan peningkatan kredibilitas jurnal yang dihasilkan.

Sementara itu, Juda Agung  Deputi Gubernur Bank Indonesia menyampaikan bahwa EJAVEC merupakan forum bersama para ekonom yang dapat menghasilkan usulan kebijakan strategis untuk akselerasi pemulihan ekonomi khususnya bagi Provinsi Jawa Timur.

“Perkembangan ekonomi Indonesia saat ini termasuk dalam kelompok negara sehat,meskipun perekonomian global saat ini dibayangi risiko stagflasi, Indonesia masih dalam kondisi yang kondusif,” kata Juda.

Hal ini diketahui dari respon kebijakan bank sentral Amerika Serikat, The Fed, yang menaikkan suku bunga acuannya menjadi 9,1 persen, sedangkan suku bunga acuan Bank Indonesia BI-7DRRR masih dipertahankan di 3,5 persen.(man/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs