Jumat, 26 April 2024

BI: Negara Anggota Tanggapi Positif Presidensi G20 Indonesia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Dody Budi Waluyo Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) saat ditemui di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-WB di Washington DC, AS, Jumat (14/10/2022) waktu setempat. Foto: Antara

Dody Budi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) mengatakan negara-negara anggota menanggapi positif Presidensi G20 Indonesia yang telah berlangsung hampir selama setahun penuh.

“Terdapat testimoni positif dari semua negara yang terlibat dalam penyelenggaraan G20,” kata Dody saat ditemui Antara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-WB di Washington DC, AS, Jumat (14/10/2022) waktu setempat.

Dody mengatakan para peserta memberikan testimoni positif dalam Pertemuan ke-4 Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) G20, yang berakhir pada Kamis (14/10/2022) malam.

Dalam pertemuan tersebut, Presidensi G20 Indonesia memberikan kehangatan bagi seluruh peserta pertemuan serta keragaman budaya, kuliner, maupun produk UMKM yang memberikan kenangan baik.

“Testimoni yang light ini sebagai penyeimbang dari pembahasan substansi yang cukup keras, artinya para member merasa ini poin positif dari G20,” katanya.

Sejumlah menteri keuangan maupun gubernur bank sentral G20 menghadiri pertemuan FMCBG secara langsung yang sudah dilaksanakan selama empat kali pada Presidensi G20 Indonesia 2022 untuk merumuskan sejumlah pandangan.

Pertemuan keempat ini yang dipimpin Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan dan Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia, membahas enam agenda seperti ekonomi global, arsitektur keuangan internasional, peraturan sektor finansial, investasi infrastruktur keuangan berkelanjutan, dan perpajakan internasional.

Pertemuan yang dihadiri 66 pimpinan secara langsung dan empat orang secara virtual juga mengundang Menteri Keuangan Ukraina, yang menandakan sebagai undangan ke-3 yang dilaksanakan selama Presidensi Indonesia.

Sri Mulyani Indrawati juga mengatakan Presidensi G20 Indonesia pada 2022 memberikan bukti bahwa G20 berhasil menjadi forum utama kerja sama internasional untuk menekan terjadinya krisis.

Ia juga melanjutkan, Indonesia berupaya untuk menularkan semangat kerja sama, kolaborasi, dan konsensus bersama yang bermanfaat untuk mencari solusi mengatasi isu global dalam konteks semangat multilateral.

“Kami menyakini kesadaran dunia serta ekspektasi kerja sama untuk membangun jembatan. Indonesia pun mengapresiasi para anggota yang telah mendukung kepemimpinan Presidensi G20 sejak awal hingga sekarang,” katanya.

Sebelumnya, pertemuan pertama FMCBG pada Presidensi G20 Indonesia berlangsung pada Februari 2022 di Jakarta, pertemuan kedua pada April 2022 di Washington DC, AS, dan pertemuan ketiga pada Juli 2022 di Nusa Dua, Bali.

Presidensi G20 Indonesia akan berakhir seusai penyelenggaraan KTT tingkat pemimpin G20 pada November 2022 di Nusa Dua, Bali. Setelah itu, India mendapatkan kepercayaan untuk memegang kekuatan G20 selanjutnya pada 2023. (ant/tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs