Jumat, 26 April 2024

Elon Musk Nilai Indonesia Miliki Masa Depan yang Cerah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tampilan digital atau daring Elon Musk CEO Tesla untuk menghadiri KTT G20, Senin (14/11/2022). Foto: Antara

Elon Musk Pendiri Tesla Motors menilai Indonesia memiliki masa depan yang sangat cerah, didorong dengan besarnya populasi usia muda dan kekayaan energi.

“Kombinasi antara anak muda, energi, dan populasi yang besar, saya rasa masa depan Indonesia anak sangat menarik,” tuturnya dalam KTT B20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022) yang dikutip Antara secara daring.

Elon mengatakan Indonesia bisa menjadi negara yang hebat dalam membangun ekosistem kendaraan listrik, mengingat Indonesia memiliki potensi bahan baku baterai untuk kendaraan listrik, seperti nikel.

“Menurut saya, Indonesia berkontribusi dengan memproduksi bahan mentah seperti lithium. Dengan adanya konektivitas dan edukasi, saya pikir Indonesia akan menjadi negara hebat di dunia,” ujar dia.

Sebelumnya, Elon dijadwalkan untuk hadir secara fisik dalam rangkaian KTT G20, termasuk di antaranya KTT B20. Namun, karena banyak urusan yang tak bisa ditinggalkan di negaranya, Elon batal mengunjungi Indonesia dan memilih berpartisipasi secara daring.

“Beban kerja saya sedang meningkat akhir-akhir ini,” kata Elon.

Pemilik beberapa lini bisnis seperti kendaraan listrik Tesla, bisnis transportasi luar angkasa SpaceX dan baru-baru ini juga membeli salah satu platform media sosial Twitter, dikabarkan tertarik untuk berinvestasi di Indonesia.

Indikasi tersebut disampaikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI yang menemui Elon di pabrik Tesla di Austin, Texas, Amerika Serikat, pada April lalu.

Dari pertemuan itu, Luhut mengatakan Indonesia sudah memiliki Non Disclosure Agreement (NDA) dengan Tesla mengenai perkembangan rencana investasi.

Namun hingga kini rencana tersebut belum berhasil terwujud, meskipun Luhut sempat mengemukakan minat Tesla untuk berinvestasi di Indonesia yang adalah negara penghasil nikel terbesar di dunia.

Sebagai informasi, nikel merupakan bahan baku utama baterai kendaraan listrik, bisnis yang melambungkan nama Musk.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs