Jumat, 19 April 2024

Fenomena Startup PHK Massal, Pakar: Boleh Asal Sesuai Ketentuan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dr. M Hadi Subhan pakar hukum ketenagakerjaan Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Foto: Humas Unair

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saat ini sedang gencar dilakukan oleh banyak perusahaan startup di Indonesia. Fenomena tersebut dinilai sebagai langkah yang diambil oleh startup dalam menghadapi fase bubble burst.

Bubble burst adalah fase pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan naiknya nilai pasar dengan cepat, namun diikuti dengan penurunan nilai yang cepat juga.

PHK yang dilakukan oleh banyak startup seperti yang terjadi di Zenius dan JD.ID sangat berdampak pada sektor ketenagakerjaan. Menurut hukum ketenagakerjaan, ketentuan mengenai PHK diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja.

Dr. M Hadi Subhan pakar hukum ketenagakerjaan Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Senin (20/6/2022), memaparkan bahwa Undang-Undang Cipta Kerja sudah mengatur hal-hal mengenai PHK terhadap pekerjanya. Oleh karena itu, PHK yang dilakukan oleh perusahaan terhadap karyawannya tidak boleh dilakukan sewenang-wenang.

“Untuk menghindari PHK massal, dalam hal perusahaan masih baru dan uji coba terhadap produknya, maka boleh melakukan PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, red) atau yang biasa disebut dengan kerja kontrak. Sehingga ketika produknya gagal, maka PKWT tersebut dapat berakhir,” tutur Hadi.

Hadi juga menerangkan bahwa PHK dapat dilakukan oleh perusahaan terhadap pekerjanya jika terjadi efisiensi karena merugi, namun harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan yang telah diubah dengan Undang-Undang Cipta Kerja.

Hadi menegaskan, bahwa perusahaan wajib memberikan pesangon kepada pekerjanya yang terkena PHK sebesar 0,5 dari ketentuan Pasal 156 Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Dia juga menyampaikan pendapatnya mengenai efektivitas perusahaan yang melakukan PHK massal untuk menyelamatkan bisnisnya. Seperti yang diketahui, PHK massal kerap dilakukan oleh startup agar bisa mengembalikan dana investor. Menurut Hadi, hal itu dapat dilakukan agar perusahaan bisa tetap eksis dan mendapatkan laba.

“Namun, pekerja yang terkena PHK harus mendapatkan pesangon atau kompensasi. Kalau itu pekerja tetap, maka wajib mendapat pesangon. Kalau itu pekerja kontrak, maka wajib mendapat kompensasi,” tegasnya.

Selain karena ingin menyelamatkan bisnis dan mengembalikan dana investor, faktor lain penyebab PHK bisa terjadi karena perusahaan salah strategi sehingga terjadi penurunan kinerja, kompetensi sumber daya manusia yang tidak maksimal, serta tren banyaknya startup yang baru berdiri.

Hal ini menyebabkan banyak startup yang tidak mampu bersaing.

Pakar Hukum Unair menambahkan, startup boleh saja melakukan PHK terhadap karyawannya selama mematuhi ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja Bab Ketenagakerjaan.

Startup yang merugi karena kalah bersaing dengan perusahaan lain, atau bahkan karena gagal menjual produk baru kemudian melakukan PHK, dapat dibenarkan dengan alasan efisiensi karena merugi.

“Namun, pekerja yang terkena PHK tetap harus mendapatkan hak pesangon atau hak kompensasi dari perusahaan. Perusahaan tidak dapat berdalih bahwa karena perusahaan merugi atau karena kompetensi sumber daya karyawan yang rendah maka perusahaan tidak bisa membayar pesangon atau kompensasi,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs