Selasa, 23 April 2024

Forum Pangan Dunia Fokus Libatkan Kaum Muda Atasi Krisis Pangan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gedung FAO. Foto : un.org

Forum Pangan Dunia (WFF) 2022 yang dimulai di Roma pada Senin (17/10/2022) kemarin, menarik banyak anak muda dari seluruh dunia untuk berbagi pemikiran mereka tentang cara terbaik mengatasi krisis pangan dunia, yang berkembang melalui inovasi dan teknologi.

Dilansir dari Antara, forum edisi kedua tersebut diselenggarakan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO), dengan tema Pola Makan Sehat, Planet Sehat. Acara itu berlangsung selama lima hari di Markas FAO dan juga secara daring.

Di antara para pemimpin dunia lainnya yang berpidato pada upacara pembukaan secara langsung atau secara virtual, Qu Dongyu Direktur Jenderal FAO mencatat potensi besar kaum muda yang dapat dilepaskan dengan menciptakan gerakan global, untuk mengatasi krisis pangan yang mendesak.

“Kami menyediakan platform bagi pemuda global untuk memiliki suara dan mengusulkan ide-ide inovatif untuk transformasi sistem pertanian pangan yang kita butuhkan. Kita harus membawa mereka ke meja pengambilan keputusan,” tambah Qu.

Acara utama terdiri dari WFF Global Youth Forum, FAO Science and Innovation Forum, dan FAO Hand-in-Hand Investment Forum. Pertemuan selama seminggu ini akan mendorong dialog di antara kaum muda, petani, pembuat kebijakan, ilmuwan pertanian, dan investor tentang tantangan pangan global.

Menurut FAO, konflik, perubahan iklim, dan pandemi Covid-19 adalah beberapa penyebab utama krisis ketahanan pangan global, yang hanya diperburuk oleh kenaikan inflasi dan kenaikan harga pupuk.

Dalam laporan State of Food Security and Nutrition in the World 2022 terbaru, FAO memperkirakan bahwa hingga 828 juta orang di seluruh dunia menghadapi kelaparan tahun lalu, 46 juta lebih banyak dari tahun 2020. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs