Selasa, 5 Juli 2022

Hipmi Jatim Bawa Produk UMKM Tembus Pasar Singapura

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Anggota BPP Hipmi bersama Kedutaan Besar Repubik Indonesia untuk Singapura dalam Program “Business Matching”, Jumat (15/4/2022). Foto : Istimewa

Membantu mempromosikan dan memasarkan produk UMKM asal Jatim hingga ke luar negeri, Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Timur menggelar “Business Matching” dengan Kedutaan Besar Repubik Indonesia untuk Singapura.

Rois S. Maming Ketua Hipmi Jatim menyampaikan  ini sebagai salah satu upaya perluasan pasar itu adalah dengan mempromosikan produk UMKM Jatim ke Singapura.

“Kami terus berupaya membawa UMKM ke pasar yang lebih luas. Semakin luas pasar UMKM Jatim, tentu akan meningkatkan permintaan produknya, UMKM bisa naik kelas, yang berujung pada penciptaan lapangan kerja baru untuk pemulihan ekonomi,” ujar Rois S. Maming, Jumat (15/4/2022).

“Alhamdulillah kita baru saja membawa beberapa produk unggulan UMKM dari anggota Hipmi Jatim untuk go Singapore. Kami disambut langsung oleh Dubes RI untuk Singapura, Bapak Suryopratomo. Beliau mengapresiasi BPP Hipmi di bawah kepemimpinan Mardani Maming yang intens mengajak para pengusaha muda dan UMKM daerah untuk memperluas pasar di luar negeri,” ujarnya.

Produk  UMKM dari anggota Hipmi yang dibawa ke Singapura antara lain batik Banyuwangi, tas batikan, sepatu kulit ekuator, sambal, cerutu, pomade, minyak jeeva.

Rois memaparkan, kehadiran produk UMKM Jatim di Singapura mendapat respons yang sangat positif. Banyak kalangan menilai produk-produk dari Jatim memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga layak untuk ke pasar Singapura.

“Selain Singapura, saya akan membawa produk-produk UMKM naik kelas ke pasar internasional lainnya seperti Hongkong dan Amerika. Semoga apa yg kami lakukan bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jatim dengan semboyan kami Jatim Aksi,” ungkap Rois.

Sementara itu, Rich Djoe, Ketua BPD Hipmi Jatim Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif, dan Pariwisata, menambahkan, program semacam ini diyakini bisa membawa UMKM Jatim naik kelas.

“Apalagi Hipmi Jatim juga rutin mengikuti misi dagang ke berbagai provinsi di Indonesia. Ini ikhtiar untuk terus membantu UMKM Jatim,” jelasnya. (man/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
27o
Kurs