Rabu, 29 Mei 2024

Jokowi Klaim Harga Bahan Pokok di Seluruh Indonesia Terkendali Menjelang Nataru 2023

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memantau harga-harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, kembali melakukan pengecekan harga-harga barang kebutuhan pokok masyarakat, menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Hari ini, Jumat (23/12/2022), Presiden memantau langsung harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di Pasar Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sesudah berkeliling bersama Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat, Kepala Negara menyatakan harga-harga relatif stabil dan wajar.

Jokowi bilang, ada yang harganya naik seperti beras, daging beku dari Rp85 ribu per kilogram menjadi Rp95 ribu per kilogram, dan bawang merah naik Rp2.000 dari harga normal.

Tapi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut ada bahan pangan yang harganya turun menjelang Nataru 2023, antara lain cabai di kisaran Rp30 ribu per kilogram dari biasanya di atas Rp60 ribu per kilogram, dan telur ayam.

Berdasarkan hasil pemantauan langsung di Jawa Barat dan pasar-pasar berbagai daerah dalam beberapa pekan terakhir, RI 1 menyatakan harga bahan pangan di seluruh penjuru di Tanah Air terkendali.

“Saya senang beberapa barang tadi harganya turun. Beberapa turun, ada satu, dua komoditas yang harganya naik. Saya kira semuanya masih terkendali, terkelola dengan baik,” ujarnya di Pasar Cigombong.

Sebelumnya, Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri menerbitkan Surat Edaran tentang Peningkatan Kesiapsiagaan Pemerintah Daerah pada Momen Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

Lewat surat itu, Mendagri menginstruksikan pemerintah daerah melakukan berbagai langkah strategis.

Antara lain, mengkoordinir Forkopimda untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Kemudian, pemerintah pusat memerintahkan pemerintah daerah mengendalikan inflasi dengan mengoptimalkan pengawasan harga dan ketersediaan kebutuhan masyarakat.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
28o
Kurs