Sabtu, 20 April 2024

KAI Daop 1 Jakarta Mulai Jual Tiket Jarak Jauh untuk Momen Lebaran

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Penumpang KA di Stasiun Pasar Senen saat akan berangkat menunjukkan surat keterangan sehat Rapid Test Antigen, KTP dan tiket. Foto: dok Faiz suarasurabaya.net

KAI Daop 1 Jakarta mulai menerapkan penjualan tiket KA jarak jauh mulai 1 April hari ini, bagi masyarakat yang ingin membeli tiket untuk momen pulang kampung.

Tiket mulai dijual H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April sampai dengan 16 Mei 2022 dan seterusnya.

Hal ini disampaikan Eva Chairunisa Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta dalam keterangannya, Jumat (1/4/2022). Dengan berlakunya kebijakan tersebut, masyarakat yang akan berangkat dari area Daop 1 Jakarta sudah dapat melakukan pemesanan tiket untuk momen lebaran.

“Pada periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta untuk perjalanan KA Jarak Jauh diprogramkan akan terdapat sekitar 57 perjalanan KA per hari , dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 33.028 per hari. Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100%,” jelasnya.

Sampai dengan 31 Maret, lanjut Eva, pantauan Daop 1 Jakarta untuk Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek secara total terdapat sebanyak 96.878 tiket KA Jarak Jauh telah terjual untuk keberangkatan periode 22 sampai 30 April atau 40 persen dari total tiket yang disediakan. Adapun tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih masyarakat yaitu 28 April, 29 April, dan 30 April.

Sementara pantauan data hari Kamis 31 Maret 2022 kemarin, masih terdapat sekitar 144 ribu tiket KA untuk periode keberangkatan sampai dengan 30 April 2022. Masyarakat masih dapat melakukan pemesanan tiket masa angkutan lebaran dengan ketersediaan yang cukup banyak. Pemesanan tiket KA dapat melalui berbagai channel penjualan yang tersedia seperti aplikasi KAI Access, contact center (021)121 atau agen penjualan tiket yang bekerjasama dengan PT KAI.

Daop 1 Jakarta menghimbau calon pelanggan agar teliti dalam mengisi data seperti tanggal, rute, dan data personal pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun serta cek kembali jadwal keberangkatan KA agar tidak keliru dan berdampak tidak bisa mudik Lebaran.

Masyarakat juga dihimbau untuk selalu mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya. Sosialisasi akan langsung dilakukan jika terdapat aturan baru yang diterbitkan pemerintah terkait perjalanan KA momen lebaran.

“Untuk menciptakan perjalanan KA yang aman, nyaman dan sehat KAI secara konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik,” pungkas Eva.(faz/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs