Rabu, 8 Mei 2024

Ketua DPR Dukung Penuh Penguatan Ekonomi Biru di Bali

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI, Rabu (28/9/2022), melakukan kegiatan bersama masyarakat di sekitar Pantai Pandawa, Badung, Bali. Foto: Biro Pemberitaan DPR

Puan Maharani Ketua DPR RI, siang hari ini, Rabu (28/9/2022), melakukan berbagai kegiatan pemeliharaan lingkungan bersama masyarakat di sekitar Pantai Pandawa, Badung, Bali.

Kunjungan kerja Ketua DPR itu salah satunya bertujuan mendukung penguatan ekonomi biru di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Pulau Dewata.

“Jaga laut di Bali supaya tetap bersih. Mari kita rawat sama-sama lingkungannya, dan harus selalu cinta Bali untuk Indonesia,” ujarnya di lokasi acara.

Lebih lanjut, Puan mengapresiasi inisiatif ekonomi biru yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Badung.

Menurutnya, program ekonomi biru di Pantai Pandawa merupakan bagian dari bentuk memadukan kesatuan antara kelestarian alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat.

“Kalau kita merawat alam, maka alam akan merawat kita. Mari kita selalu bersama menjaga keindahan, ketertiban, kenyamanan, dan keamanan Pantai Pandawa. Agar semakin banyak wisatawan yang datang dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Pantai Pandawa adalah milik kita bersama untuk kesejahteraan bersama,” paparnya.

Merujuk pemahaman Bank Dunia, ekonomi biru adalah pemanfaatan sumber daya laut yang berwawasan lingkungan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, dan mata pencaharian sekaligus pelestarian ekosistem laut.

Pada kesempatan itu, Puan juga berdialog dengan kelompok nelayan Pantai Pandawa. Perwakilan nelayan bernama Wayan menyampaikan aspirasi rekan-rekannya yang membutuhkan bantuan fasilitas untuk menangkap ikan di laut.

“Terutama sarana prasarana alat tangkap ikan seperti perahu, mesin tempel. Itu yang belum ada di kelompok kita. Kita cold box juga belum ada,” ungkap Wayan.

Merespons keluhan itu, pihak Pemkab Badung menyatakan akan memberi bantuan 7 buah perahu motor mesin tempel ukuran 5 GT yang akan datang di bulan November. Puan pun meminta pihak nelayan merinci apa saja kebutuhan lain yang masih diperlukan.

“Kalau masih ada kebutuhan lain atas nama kelompok nelayan, kirim surat ke saya, ke DPR nanti melalui Pak Giri atau Pak Made Urip Anggota DPR RI Dapil Bali. Nanti akan saya tindaklanjuti. Sebisa mungkin akan kami siapkan,” jelasnya.

Di akhir acara, Puan menemui ratusan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Udayana yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi biru di Pantai Pandawa.

Putri dari Megawati Soekarnoputri itu lalu menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Bali, untuk mendukung program ekonomi biru yang diinisiasi Pemkab Badung.

“Upaya ini butuh dukungan dari publik, khususnya masyarakat di Bali supaya program bisa berjalan. Tentu dibutuhkan juga gotong royong dari semua pihak,” tutup Puan.(rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs