Kamis, 2 Februari 2023

Komisi E DPRD Jatim Dorong Revitalisasi Peralatan Balai Latihan Kerja di Jember

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Artono Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim bersama Kepala Balai Latihan Kerja milik Pemprov Jatim waktu kunjungan ke Kabupaten Jember. Foto: Istimewa.

Artono Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur mendorong Pemprov Jatim supaya melakukan revitalisasi peralatan di Balai Latihan Kerja (BLK) Jember.

Revitalisasi itu bukan tanpa alasan, sebab sejumlah perlatan kerja di BLK tersebut sudah terlihat usang dan tua. Dikhawatirkan peralatan yang tidak layak itu mempengaruhi proses pelatihan.

“Di BLK Jember kemarin, saya lihat kondisinya memprihatinkan,” ujar Artono politisi fraksi PKS tersebut saat kunjungan kerja ke Kabupaten Jember, Jumat (25/11/2022).

Artono menjelaskan, kini sudah saatnya BLK Jember segera merevitalisasi seluruh peralatannya. Menurutnya seiring perkembangan mesin industri yang makin modern juga diperlukan perlatan penunjang yang relevan.

“Kalau yang ada sekarang sudah ketinggalan jaman. Terutamanya di Jember perlu perhatian penuh,” ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, Artono berpandangan bahwa akan sulit bagi tenaga pelatihan untuk bersaing dengan industri asing yang sudah modern peralatannya dalam menjalankan roda industri.

“Inilah yang harus dilakukan oleh Pemprov jika ingin masyarakatnya memiliki keahlian lebih dan berkompetisi di perusahaan-perusahaan asing,” tegasnya.(wld/iss)

Berita Terkait