Jumat, 26 April 2024

Masyarakat Serbu Operasi Pasar Lumbung Pangan Pemprov Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Masyarakat saat mendatangi salah satu Operasi pasar lumbung pangan Jawa Timur yang diadakan Pemprov Jatim, Senin (20/9/2022) kemarin. Foto: Humas Pemprov Jatim.

Operasi pasar lumbung pangan Jawa Timur yang diadakan di lima titik di Kota Surabaya dan Malang pada Senin (19/9/2022) kemarin ramai diserbu oleh masyarakat.

Operasi pasar yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu berada di Pasar Soponyono, Pasar Pucang Anom, Pasar Tambak Rejo di Kota Surabaya. Serta di Pasar Dinoyo dan Pasar Besar Kota Malang.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan Operasi Pasar Lumbung Pangan Jatim ini diadakan untuk meringankan beban masyarakat, meningkatkan daya beli, serta mengendalikan inflasi daerah.

“Harga kebutuhan pokok di operasi pasar ini dipastikan lebih murah di bawah harga pasar. Terima kasih bagi masyarakat yang antusias sekali memanfaatkan program ini di lima pasar yang dihelat kemarin,” ujar Khofifah dalam keterangannya, Selasa (20/9/2022).

Dalam operasi pasar itu pemerintah menyediakan kebutuhan pokok yang dijual lebih murah, seperti beras dijual seharga Rp50.000 per lima kilogram, kemudian gula dijual dengan harga Rp12.000 per kilogram, telur ayam dijual dengan harga Rp20.000 per kilogram, cabe rawit dijual dengan harga Rp10.000 per bungkus (200 gr)

Kemudian daging ayam dijual dengan harga Rp20.000 per ekor, bawang merah dengan harga Rp10.000 per 500 gram, serta minyak goreng dengan harga Rp11.000 per liter.

“Bagi yang belum sempat belanja, jangan khawatir. Program ini juga akan digelar pekan depan (setiap hari senin pagi mulai jam 07:00) di 25 titik pasar di delapan kota di jawa timur,” imbuh Khofifah.

Untuk sebaran pasar tersebut antara lain ada di Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Probolinggo, Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Sumenep. Dengan total 25 titik pasar.

Untuk diketahui, 25 pasar yang akan diadakan mulai pekan depan antara lain adalah Pasar Wonokromo, Pasar Pucang Anom, Pasar Genteng, Pasar Tambak Rejo dan Pasar Soponyono di Kota Surabaya. Kemudian di Pasar Dinoyo dan Pasar Belimbing dan Pasar Besar Kota Malang.

Kemudian Pasar Sleko dan Pasar Besar Kota Madiun, serta Pasar Setono Betek dan Pasar Besar Kota Kediri. Lalu Pasar Tanjung, Pasar Wirolegi, Pasar Mangli, dan Pasar Kreongan di Kota Probolinggo.

Selanjutnya Pasar Baru dan Pasar Wonoasih Kabupaten Jember. Kemudian Pasar Blambangan, Pasar Banyuwangi, Pasar Rogojampi, Pasar Jajag, dan Pasar Genteng 1 di Kabupaten Banyuwangi. Dan yang terakhir di Pasar Anom Baru dan Pasar Bangkal Kabupaten Sumenep.

Sementara itu ada Umi, warga Pucangan, Surabaya yang memanfaatkan Operasi Pasar Lumbung Pangan Jatim di Pasar Pucang Anom.

Pada operasi pasar itu Umi belanja gula lima kilogram, minyak goreng satu liter, telur dua kilogram, cabai dan juga bawang merah dan sejumlah kebutuhan yang lain.

“Alhamdulillah ini saya beli macam-macam. Karena harganya jauh di bawah harga pasar. Harapannya supaya sering diselenggarakan,” ucap Umi.(wld/iss)

 

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs