Jumat, 3 Februari 2023

Menteri BUMN Gandeng Himbara Bagikan 200 Ekor Sapi di Jatim

Laporan oleh Retha Yuniar
Bagikan
Sapi yang disumbangkan Menteri BUMN kepada pengurus TPQ Nahdlatul Tholabah, Donowati, Kec. Sukomanunggal, Surabaya, Sabtu (9/7/2022). Foto: Retha suarasurabaya.net

Erick Thohir Menteri BUMN RI menggandeng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk membagikan 200 ekor sapi di beberapa wilayah Jawa Timur.

Lima ekor sapi di antaranya diberikan langsung oleh Erick kepada pengurus TPQ Nahdlatul Tholabah, Donowati, Kec. Sukomanunggal, Surabaya, Sabtu (9/7/2022).

Erick mengakui, 200 ekor sapi yang didistribusikan mungkin belum cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Jatim.

“Tapi kami berusaha membantu dengan segala keterbatasan kami,” imbuhnya.

Selama terjadi wabah PMK, pihaknya mendorong BUMN bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk menuntaskan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang melanda hewan ternak. Khususnya di Jatim, karena peternakan merupakan salah satu sumber mata pencaharian utama bagi masyarakat Jatim.

Maka dari itu, dirinya mendorong BUMN dan Himbara untuk membagikan hewan kurban di beberapa daerah yang membutuhkan dan membelinya langsung dari peternak lokal sebagai salah satu bentuk pemberdayaan.

“200 ekor sapi ini dibeli dari peternak masyarakat. Jadi ada perputaran ekonomi untuk masyarakat,” kata dia.

Namun ia tidak merinci di titik mana saja 200 ekor sapi ini akan disalurkan.

“Kadang kalau memberi kita tidak perlu tahu titiknya. Yang jelas timnya harus bertanggung jawab pada titik-titik tersebut,” ujarnya.

M. Syukur pengasuh TPQ Nahdlatul Tholabah mengucapkan teri makasih atas perhatian Menteri BUMN yang berkenan singgah di musala kecilnya.

“Semoga menjadi berkah bagi masyarakat Donowati,” ucap Syukur.

Kata Syukur, lima ekor sapi ini akan langsung disembelih seusai salat Iduladha besok, Minggu (10/7/2022)

“Akan kita bagikan ke 200 santri dan warga sekitar,” pungkas dia.

Adapun Bank Himbara yang berpartisipasi dalam program ini adalah Bank BRI, Mandiri, BNI dan Bank BTN.(tha/dfn)

Berita Terkait