Selasa, 6 Desember 2022

Pemkot Surabaya Ingin Pasar Turi Baru Segera Beroperasi Sebelum Ramadhan

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Pengecekan Sarana dan Prasarana menjelang dibukanya Pasar Turi Baru, Rabu (2/3/2022). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pascakebakaran yang terjadi pada 2007 silam, pedagang Pasar Turi Lama terpaksa harus berdagang di stand penampungan sementara meski dengan kondisi apa adanya.

Meski demikian, terdapat angin segar untuk para pedagang. Jelang Ramadhan 2022, Pasar Turi Baru yang bekerjasama dengan PT Gala Bumi Perkasa akan dibuka secara resmi pada Selasa (22/3/2022).

“Kita ingin Pasar Turi kembali beroperasi sebagai pasar grosir terbesar di Jawa Timur. Kita kembalikan Pasar Turi seperti dulu sebagai ikon Kota Surabaya. Kita dorong lagi laju ekonomi pedagang di Surabaya,” ujar Moch Awaludin Arief Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya kepada suarasurabaya.net, Senin (21/3/2022).

Berdasarkan data tahun 2012, perputaran uang di Pasar Turi bahkan pernah mencapai Rp15 miliar.

“Kita siapkan harga khusus untuk pedagang lama Pasar Turi. Sementara pedagang yang ada di stand sementara ini, tidak semua dapat hak itu karena ada 33 pedagang yang tidak masuk daftar. Mereka bukan pedagang lama Pasar Turi. Tetap bisa beli tapi dengan harga beda ya tentu saja,” terang Awaludin.

Sementara itu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai melaksanakan proses pembongkaran stand penampungan pedagang lama Pasar Turi sejak Senin (21/3/2022). Awaludin juga mengimbau, seluruh petugas untuk melaksanakan percepatan pembongkaran dengan tetap santun sesuai instruksi Walikota Surabaya.

“Kita upayakan selesai hari ini, tapi barang-barang pedagang harus tetap aman. Kita beri waktu dan bantu mereka untuk berkemas. Bagaimanapun, penghidupan mereka kan dari dagangan ini,” imbuhnya.

Terkait taget pembongkaran yang harus rampung dalam satu hari tersebut, Awaludin mengaku masih menunggu arahan dari Pemkot Surabaya jika belum selesai sesuai target.

“Masih belum tahu yang penting kita maksimalkan hari ini. Nanti dibantu teman-teman Satpol, dan dinas kesatuan. Untuk selanjutnya. Akan ada instruksi lanjutan,” jelasnya.

Di sisi lain, Pemkot Surabaya ingin memanfaatkan memen jelang Ramadhan dan lebaran untuk mengaktifkan kembali Pasar Turi dan mendongkrak perekonomian Kota Surabaya. (tha/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Selasa, 6 Desember 2022
26o
Kurs