Rabu, 24 April 2024

Petinggi Kementerian ESDM Kembali Duduki Posisi Komisaris di Pertamina

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rida Mulyana Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ditetapkan sebagai salah satu komisaris Pertamina menggantikan Ego Syahrial. Foto: PLN

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN melakukan perubahan susunan Komisaris dan Direksi PT Pertamina (Persero) melalui rapat umum pemegang saham atau RUPS yang dilakukan Senin (19/9/2022).

Dalam RUPS tersebut, Rida Mulyana Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ditetapkan sebagai salah satu komisaris Pertamina menggantikan Ego Syahrial yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, yang kini telah pensiun.

“Sebagai salah satu kewenangan pemegang saham, RUPS telah menetapkan susunan komisaris dan direksi baru Pertamina,” kata Brahmantya Poerwadi Sekretaris Perusahaan Pertamina, seperti dikutip Antara, Senin (19/9/2022).

Selain menetapkan Rida Mulyana sebagai komisaris, RUPS itu juga menetapkan Erry Widiastono sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur dan Atep Salyadi Dariah Saputra sebagai Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha (SPPU) Pertamina.

Susunan komisaris dan direksi baru Pertamina tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-198/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan PT Pertamina dan Nomor SK-199/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina yang ditandatangani pada 19 September 2022.

Dalam Surat Keputusan tersebut, pemegang saham juga memberhentikan dengan hormat Ego Syahrial dari jabatan Komisaris Pertamina, Mulyono dari jabatan Direktur Logistik dan Infrastruktur, serta Iman Rachman dari jabatan Direktur SPPU Pertamina.

“Pertamina mengucapkan terima kasih kepada Ego Syahrial, Mulyono dan Iman Rachman atas dedikasinya untuk Indonesia dan kontribusinya dalam pengelolaan bisnis Pertamina di tengah tantangan pandemi Covid-19,” kata Brahmantya.

Ia menjelaskan, sosok Rida Mulyana sangat lekat sebagai pimpinan Kementerian ESDM, karena sebelum menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi serta Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Selanjutnya Erry Widiastono sudah dikenal di lingkungan grup Pertamina, karena sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina International Shipping (PIS) pada 13 Juni 2020. Erry juga pernah menduduki posisi sebagai Senior Vice President for Shipping Pertamina.

Adapun Atep Salyadi Dariah Saputra sempat menduduki berbagai posisi strategis perusahaan, diantaranya Direktur Utama Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) sebagai lembaga pemeringkat perusahaan dan instrumen pasar modal yang terpercaya di Indonesia. (ant/des/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs